Loading...

Manfaat Kesehatan dari Teh Tulsi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Manfaat Kesehatan dari Teh TulsiTERUSKAN.COM – Teh tulsi diketahui berasal dari India dan juga bagian-bagian eksotis dari Asia, lebih dari 5.000 tahun yang lalu. 

Teh herbal ini baik digunakan sebagai antioksidan atau adaptogenik yang membantu mengurangi stres. Teh tulsi biasanya juga disebut dengan basil kudus karena dipercaya sebagai tanaman suci.

Di Indonesia sendiri, tulsi dikenal dengan nama cemangi, sering digunakan untuk menambahkan aroma pada masakan.

Loading...

Minyak esensial pada daun tulsi mengandung fitokimia yang bermanfaat dalam memberikan kekuatan. Ada banyak manfaat kesehatan dari teh tulsi, misalnya membantu meningkatkan fungsi pernapasan, meningkatkan metabolisme, serta membantu meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan juga kesehatan pencernaan.

Nah, berikut adalah manfaat teh tulsi bagi kesehatan. Simak yuk!

1. Mengurangi Stres

Mengalami stres dan sedih? Minum teh tulsi. Efek menenangkan dari teh tulsi akan membantu mengurangi kecemasan.

Selain itu, teh tulsi juga dapat menjadi pengobatan yang efisien untuk kondisi kulit seperti eksim, kurap serta ruam. Caranya ambil beberapa lembar daun tulsi lalu masukkan dalam mangkuk berisi air, setelah itu bersihkan bagian yang bermasalah.

2. Diabetes

Tulsi dapat menurunkan kadar gula darah, menurut penelitian tahun 1996 yang dipimpin oleh Dr. Pragya Agarwal dari Azad University of Agriculture and Technology di India.

Seperti dirilis dalam “International Journal of Farmacology Clinic and Therapy,” para peneliti menemukan bahwa ada 18 persen penurunan kadar gula darah setelah meminum teh tulsi setiap hari.

3. Melindungi dari Terapi Radiasi

Bagi Anda yang mengidap kanker, tulsi akan melindungi Anda selama melakukan terapi radiasi. Ya, hanya dengan membuat teh dari akar tulsi dengan seduhan 1 sendok teh. Setelah itu diamkan selama sepuluh hingga lima belas menit, dan Anda meminumnya 3 kali setiap harinya.

Namun bagi Anda yang sedang melakukan pengobatan dengan pengencer darah, seperti warfarin atau aspirin, sebaiknya menghindarinya karena akan menyebabkan pendarahan tak terkendali.

4. Membantu Memerangi Radikal Bebas

Tulsi dapat memerangi radikal bebas. Antioksidan sangat penting untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, penuaan dini, dan membantu mengurangi masalah paru-paru dan jantung.

6. Kesehatan Jantung

Sifat antioksidan pada tulsi meningkatkan fungsi jantung dan menghindari masalah jantung serta stroke. Teh tulsi sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan kardiovaskular.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mempromosikan kesehatan jantung, mengonsumsi teh tulsi juga dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh, menjaga Anda dari penyakit serta infeksi virus.

Penelitian menunjukkan bahwa teh tulsi memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengatasi masalah arthritis dan juga peradangan sendi.

8. Antibakteri

Tulsi dapat dengan mudah memerangi bakteri tertentu seperti E. coli, S. aureus, dan P. aeruginosa.

9. Mencegah Perut Kembung dan Meningkatkan Sistem Pencernaan

Teh Tulsi membantu meningkatkan fungsi pencernaan makanan dan dapat menurunkan masalah usus, acid reflux, selain masalah perut.

10. Kesehatan Gigi

Tulsi mengandung komponen aktif yang akan membantu menghilangkan bakteri penyebab plak pada gigi. Selain itu wangi dari daun tulsi biasa digunakan untuk memberikan kesegaran pada mulut.

***

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari teh tulsi. Teh tulsi sebaiknya tidak dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan pengobatan dengan menggunakan obat pengencer darah, ibu hamil dan menyusui.

Anda juga perlu lebih berhati-hati saat akan menyeduh teh ini. Pastikan tanaman ini bersih sehingga Anda terhindar dari keracuanan.