Loading...

Umbi Kentang Dan Khasiatnya Untuk Tubuh Sehat

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Kentang sejak jaman dahulu kala sudah menjadi salah satu bahan makanan utama yang banyak mempunyai penggemar dari seluruh lapisan masyarakat, pria maupun wanita pada segala usia.Beberapa orang senang memanfaatkan kentang sebagai salah satu jenis makanan alternatif untuk membantu program diet mereka.

Hal ini disebabkan karena kentang kaya akan zat – zat karbohidrat seperti yang banyak dijumpai pada nasi atau gandum, tetapi dengan jumlah kalori lebih kecil.

 Khasiat Umbi Kentang

Loading...

Selain itu, kentang kaya akan kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah besar sehingga bermanfaat sebagai salah satu media kesehatan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini diberikan beberapa manfaat kesehatan jika Anda rutin makan sepiring kentang yang sudah diolah menjadi berbagai hidangan lezat:

1). Tinggi serat

Kentang kaya akan serat dalam jumlah cukup besar, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta. Karena kaya akan kandungan serat tinggi inilah yang membuat kentang bermanfaat sebagai media untuk kesehatan sistem pencernaan.

Kentang juga bagus digunakan untuk membantu kelancaran program diet sehat bagi yang menjalani.

2). Melawan berbagai penyakit

Kentang diketahui ampuh dalam membantu mengurangi risiko terkena sakit kanker seperti kanker prostat dan kanker rahim. Beberapa penelitian kesehatan menunjukkan bahwa kentang juga bagus dipakai sebagai alat untuk mencegah penyakit jantung.

Kentang kaya akan kandungan vitamin B6 yang bisa membantu Anda untuk mencegah dan mengobati gangguan saraf atau pembentukan benih – benih tumor.

3). Baik untuk kesehatan kulit

Kentang kaya akan kandungan vitamin Cyang ampuh dipakai sebagai media perawatan kecantikan tubuh Anda terutama kulit wajah.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah yaitu balurkan jus kentang segar di area wajah Anda lalu diamkan sejenak, hal ini bisa membuat kulit wajah Anda terlihat cantik dan bersinar.

Seperti halnya timun, potongan kentang yang didinginkan terlebih dahulu, ampuh dipakai sebagai media pencegah dan mengobati pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata. Letakkan potongan kentang segar di bagian mata kira – kira 30 menit.

4). Mudah dicerna

Kentang kaya akan zat – zat karbohidrat tinggi, sehingga mudah dicerna dan bagus dikonsumsi bagi yang mempunyai sistem pencernaan sensitif.

Di samping itu kentang juga banyak mengandung serat larut dan tidak larut yang bagus digunakan untuk menjaga kesehatan usus.

5). Meningkatkan fungsi otak

Kandungan karbohidrat sederhana dalam kentang ampuh membantu meningkatkan kadar gula darah yang berkhasiat untuk meningkatkan fungsi otak. Umbi ini diketahui banyak mengandung sejumlah vitamin B6 dan asam folat.

6). Kaya antioksidan

Pada kentang banyak dijumpai zat – zat bernilai gizi tinggi untuk kesehatan tubuh seperti fitonutrien dan antioksidan, termasuk ceratoniod dan flavonoid.

Senyawa ini baik sebagai media untuk melindungi kerusakan radikal bebas. Sedangkan patatin adalah salah satu jenis protein yang diketahui bagus sebagai senyawa antiinflamasi dan antioksidan.

7). Menyehatkan kulit

Mengonsumsi kentang secara rutin dapat menghaluskan kulit. Kentang kaya akan kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, kalium, zink, fosfor dan magnesium.

Bahkan di Amerika Latin, kentang digemari masyarakat sebagai salah satu minuman olahan segar dalam bentuk jus sebagai obat anti jerawat.

8). Stabilkan tekanan darah

Sebuah penelitian kesehatan menjelaskan bahwa kentang merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan zat – zat kukoamines. Senyawa ini bisa menyembuhkan hipertensi dan menstabilkan fungsi jantung.

**

Di Indonesia sendiri, kentang jarang dijadikan sebagai bahan makanan pokok, hal ini disebabkan karena beras masih menduduki peringkat nomor satu sebagai salah satu makanan pokok yang paling banyak digemari oleh masyarakat.

Namun dengan banyaknya manfaat yang ditemukan di dalam kentang, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai sekarang menambahkan kentang sebagai slah satu menu sehat sehari – hari Anda.