Loading...

Kenali Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Psikologis

Penulis: Tamara Mega Buana Rubrik: Kesehatan

Kenali Faktor-Faktor yang Mempengaruhi PsikologisTERUSKAN.COM – Pada tubuh kita, ada dua unsur internal yaitu, sistem jaringan dan psikologis.

Sistem jaringan adalah yang biasa kita sebut dengan kumpulan organ-organ tubuh yang berhubungan satu sama lain, membentuk benang merah proses metabolisme.

Sedangkan unsur psikologis merupakan unsur yang bersangkutan dengan perasaan batin seseorang. Senang, sedih, galau, dan yang lainnya.

Loading...

Keadaan psikologis seringkali mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang, karena pada dasarnya semua yang ada di dalam tubuh manusia saling berhubungan satu sama lain.

Keadaan psikologis yang cenderung positif akan mengaktifkan enzim endorfin dalam tubuh yang memicu semua perangkat tubuh agar bekerja dengan baik.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi psikologis. Berikut diantaranya:

Tersenyum di depan cermin

Tersenyum di depan cermin seringkali menunjukkan sisi indah dan menawan dari wajah. Hal tersebut dapat mempengaruhi saraf-saraf dalam otak yang akan merespon rasa senang dan akan membuat seseorang lebih bahagia.

Contohnya saja, cobalah tersenyum di depan cermin ketika Anda tengah menangis. Maka Anda akan tertawa melihat bayangan senyum Anda di cermin.

Bermain ekspresi di depan cermin

Hampir sama seperti tersenyum di depan cermin, bermain dengan ekspresi wajah sendiri di depan cermin juga memiliki efek positif bagi psikologis seseorang.

Bedanya, bermain ekspresi di depan cermin memberikan efek yang lebih besar. Ketika bermain dengan ekspresi yang kita miliki, tidak jarang kita juga menemukan dan memasang ekspresi-ekspresi konyol yang bahkan belum kita ketahui bahwa kita dapat memeragakannya.

Saat seperti itu, kebanyakan orang akan tertawa atau bahkan ada yang terpingkal-pingkal ketika bermain ekspresi di depan cermin.

Proses yang terjadi pada otak sama dengan efek yang diberikan ketika kita tersenyum di depan kaca. Cobalah!

Mendengarkan lagu

Pasti banyak dari kita yang telah mengetahui bahwa mendengarkan lagu dapat mempengaruhi psikologis seseorang.

Efek yang diberikan dari mendengarkan lagu terbagi atas dua, positif dan negatif, tergantung dari jenis lagu yang didengarkan.

Jenis lagu pop, rock, dan nge-beat biasanya akan cenderung memberikan efek menyenangkan yang akan membuat darah berdesir lebih laju karena lonjakan semangat yang diberikan oleh melodi dari lagu.

Namun apabila lagu yang didengarkan jenisnya dapat membuat Anda menjadi galau, maka lagu tersebut biasanya akan merangsang kerja otak Anda untuk memicu rasa sedih pada diri Anda.

Memeluk Boneka

Memeluk boneka, terutama boneka Teddy Bear yang besar, biasanya akan memberikan pengaruh positif bagi psikologis seseorang.

Kelembutan yang ada pada bulu-bulu boneka, rasa empuk yang dimiliki boneka, dan ukuran yang pas untuk dipeluk memiliki efek yang sama dengan tersenyum di depan cermin.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi psikologis seseorang.

Cobalah, dan rasakan khasiatnya!

(photo: foxgentledentistry.com)