Loading...

Cara Membuat Jus Sirsak

Penulis: Mayrani Rubrik: Resep

Cara Membuat Jus SirsakTERUSKAN.COM – Sirsak adalah buah pohon asli Karibia, Amerika Tengah, Amerika Selatan bagian utara, dan sub-Sahara Afrika.

Rasanya seperti kombinasi strawberry dan nanas, dengan sedikit creamy dan jeruk asam. Jus sirsak ini tidak terlalu sulit untuk dibuat dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Tingginya kadar vitamin C menjaga saluran kemih bersih, dan sejumlah besar serat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Loading...

Jus buah juga mengandung sejumlah nutrisi lain, termasuk kalium, magnesium, thiamin, tembaga, niasin, folat, besi, dan riboflavin.

Berikut kami sajikan resep untuk membuat jus sirsak, dilansir dari WikiHow:

Bahan

1 sirsak matang, sekitar 1 pon (450 g)
1,5 gelas (375 ml) susu, susu evaporasi, atau air
1 sdt (4,7 g) pala (opsiona)
1 sdm (14,3 g) vanilla (opsional)
1/2 sdt (2,4 g) jahe parut (opsional)
1 sdm (14,3 g) gula (opsional)
1 jeruk nipis, dibuat jus (opsional)

Cara Membuat Jus Sirsak

1. Pilih 1 buah sirsak matang. Carilah buah dengan kulit hijau yang agak menjorok ketika Anda menerapkan sedikit tekanan dengan ibu jari Anda. Buah keras dengan kulit kuning-hijau harus dibiarkan matang pada suhu kamar selama beberapa hari.

2. Anda akan melakukan kontak langsung dengan daging sirsak, sehingga tangan Anda harus bersih untuk menghindari kontaminasi jus.

3. Bilas sirsak di bawah air mengalir. Kotoran dapat terjebak di antara benjolan kulit, sehingga Anda mungkin perlu menggosok buah dengan jari-jari Anda untuk membersihkannya.

4. Kupas buah. Terlepas dari tampilan awal, kulit sirsak sangat lembut dan dapat dikupas dengan tangan. Anda tidak perlu menggunakan alat pengupas atau alat-alat lain untuk menyelesaikan langkah ini.

5. Masukkan sirsak ke dalam mangkuk besar dan tambahkan dengan susu atau air. Cara terbaik adalah dengan menggunakan mangkuk dengan mulut yang lebar.

6. Peras buah dengan tangan Anda. Karena daging buahnya begitu lembut, seharusnya mudah untuk memeras tanpa menggunakan alat dapur khusus. Meremas sirsak akan mengeluarkan sari buahnya. Remas sari buah langsung ke air atau susu.

7. Saring campuran perasan buah dengan air atau susu di atas mangkuk.

8. Perlahan tuangkan jus melalui saringan dan ke dalam mangkuk. Proses ini dapat berlangsung beberapa saat, tergantung pada ukuran saringan Anda.

9. Tambahkan bahan penyedap lain yang diinginkan. Biasanya, air jeruk nipis, jahe, dan gula menjadi kombinasi otentik, seperti halnya campuran pala dan vanili.

10. Aduk jus sebelum menuangkannya ke dalam gelas. Sajikan dingin.

Resep untuk jus sirsak lebih tebal

1. Untuk jus sirsak sedikit lebih tebal, blender jus, jangan diremas dengan tangan.

2. Buang biji dan inti berserat dari sirsak tumbuk. Setiap bubur yang jatuh dari inti dapat tetap dalam cairan , tapi inti itu sendiri dan benih harus dihapus .

3. Tuangkan cairan ke dalam blender.

4. Tambahkan perasa ekstra. Cobalah kombinasi dari vanili dan pala, atau campuran gula, jahe, dan jeruk nipis.

5. Campurkan bahan menggunakan media dengan pengaturan kecepatan tinggi.

6. Tambahkan lebih banyak air jika jus terlalu tebal. Tuang 1/2 cangkir (125 ml) pada suatu waktu. Aduk lagi.

7. Sajikan dingin.