Loading...

Apakah Bos Anda Seorang Psikopat?

Penulis: Mayrani Rubrik: Dunia Karir

Apakah Bos Anda Seorang Psikopat?TERUSKAN.COM – Psikopat ada di mana-mana. Menurut statistik medis, satu persen dari populasi umum adalah psikopat.

Tidak heran jika kita terpesona olehnya. Gangguan mental yang mengerikan dan penuh teka-teki. Jika sifat seorang psikopat adalah menipu, kita justru ingin mengungkapnya. Hanya berbicara tentang kondisi ini cukup untuk membuat Anda berpikir: ‘Apakah saya seorang psikopat?’

Namun, jika Anda mempertanyakannya, kemungkinan Anda bukanlah seorang psikopat, yang didefinisikan dengan kurangnya empati, penyesalan dan mudah tersinggung dalam tes PCL-R yang diakui secara global.

Loading...

Psikolog industri sekaligus penulis, Dr. Paul Babiak mengatakan bahwa perilaku psikopat sering berarti orang tersebut menunjukkan “topeng.” Mereka juga terkenal karena menarik dan manipulatif. Tapi sementara versi film hampir selalu digambarkan sebagai tokoh kriminal, ada juga versi “sukses” yang mungkin tinggal di antara kita.

“Mereka berhasil mendapatkan pekerjaan dalam organisasi, melecehkan dan mengacaukan staf dan mendatangkan malapetaka pada kinerja. Saya juga mewawancarai banyak korban yang dipenuhi dengan cerita pelecehan emosional, psikologis dan keuangan,” kata Dr. Babiak.

“Sayangnya, media menggambarkan psikopat sebagai pembunuh berantai atau “psiko” yang telah melakukan banyak hal merugikan dengan menyesatkan publik dengan berpikir Anda dapat mengenal mereka bahkan dari ber-mil jauhnya.”

Dan sementara diperkirakan sekitar satu persen dari populasi adalah psikopat, Dr. Babiak mengatakan dalam posisi manajemen bisa hampir mencapai empat persen.

“Psikopat di tempat kerja termotivasi oleh kebutuhan untuk gairah, keinginan untuk bermain “permainan pikiran” dengan orang-orang, dan tidak akan berhenti sampai mereka menang, dengan cara apapun.”

“Psikopat bergerak menaiki tangga karir dan memasuki situasi bisnis dan manajemen daya tinggi karena mereka begitu mahir meniru kualitas yang kita asosiasikan dengan seorang pemimpin besar,” katanya.

Cara mengidentifikasi jika bos Anda adalah psikopat
Dr Babiak mengatakan sementara sebagian besar bos yang baik ” ideal” atau ” tidak terampil , ” bos psikopat berbahaya bagi pekerja .

Bagaimana mengenali jika atasan Anda seorang psikopat?

Dr. Babiak mengatakan sementara sebagian besar bos masuk dalam golongan “ideal” atau “tidak terampil,” bos psikopat berbahaya bagi pekerja. Mereka menyedot Anda untuk mendapatkan apa yang iaa inginkan, menusuk dari belakang, berbohong, mengambil kredit untuk pekerjaan Anda, dan menyalahkan Anda atas kesalahan mereka sendiri.”

“Sebuah perusahaan yang mempekerjakan seorang psikopat hampir selalu senang dan bersemangat ketika mereka pertama kali mulai tampil sebagai penyelamat atau ksatria berbaju baja – siap, bersedia dan mampu untuk menyelamatkan perusahaan dari jurang kehancuran,” katanya. Namun mereka juga dapat menyalahgunakan rekan kerja, mengabaikan aturan, mengambil resiko yang tidak perlu dan merusak rasa keterbukaan dan kepercayaan.

Tips Menghadapi Atasan Psikopat

Dr. Babiak mengatakan psikopat mungkin sangat sulit untuk dihadapi, tapi ada hal penting yang dapat Anda lakukan untuk membuat situasi lebih baik untuk diri sendiri, dilansir dari News.com.au.

– Gunakan setiap proses yang tersedia dan sistem sumber daya manusia untuk mendokumentasikan kinerja mereka dan bertindak cepat dan tegas untuk menangani mereka.
– Jangan melabeli mereka.
– Temukan faktanya, buat catatan kinerja dan taktik kasar.
– Waspadai politik. Dr. Babiak mengatakan bahwa psikopat sering menggunakan metode “membagi dan menaklukkan” dengan menarik pekerja secara terpisah. Sadari hal ini dan jangan terjebak.

Walaupun sulit bekerja dengan psikopat, Dr. Babiak mengatakan ada pelajaran berharga bagaimana seorang psikopat bisa mencapai posisi yang kuat. “Psikopat unggul dalam membangun hubungan pribadi dengan hampir semua orang yang mereka temui dan membuat presentasi yang sangat baik, sehingga memenangkan orang ke pihak mereka,” katanya.