Loading...

Tips Menghadapi Psikopat di Tempat Kerja

Penulis: Mayrani Rubrik: Dunia Karir

Tips Menghadapi Psikopat di Tempat KerjaTERUSKAN.COM – Bekerja dengan psikopat bisa sangat menyulitkan. Memahami dan mengenali ciri-ciri mereka dapat membantu Anda bertahan di tempat kerja saat ini.

Seorang psikopat mungkin berpenampilan lumayan menarik, kejam, manipulatif dan impulsif. Selain itu, Ia senang mengintimidasi rekan kerjanya di kantor.

Ia mungkin telah mencuri pekerjaan Anda, menyebarkan desas-desus tentang Anda atau menunjuk jari pada Anda ketika pekerjaannya kacau. Anda mungkin bahkan mengeluh tentang perilakunya tetapi menemukan banyak yang tidak percaya.

Loading...

Penelitian menunjukkan psikopat di tempat kerja dapat ditemukan di tingkat manapun, dari manajer senior hingga ke tingkat junior , baik di sektor publik maupun swasta.

Jika Anda pernah berpikir untuk melakukan sesuatu yang bisa membahayakan posisi mereka, maka berhati-hatilah.

Ciri Psikopat

Anda tidak paranoid, Anda bisa bekerja dengan psikopat di lingkungan kerja. Dan mengingat diperkirakan bahwa satu persen dari populasi umum adalah seorang psikopat, kemungkinan besar setiap perusahaan besar memiliki satu atau dua orang psikopat.

Anda mungkin tidak selalu mengenal ciri kepribadian psikopat yang merusak. Hal ini disebabkan karena mereka justru biasanya memiliki kemampuan yang menonjol, seperti:

  • Berbakat dalam membaca orang dan mengidentifikasi titik-titik lemah orang lain.
  • Kesiapan untuk bergabung dalam percakapan karena kurangnya inhibisi sosial. (Percakapan mereka mungkin tidak memiliki banyak substansi tapi itu disampaikan dengan cara penuh percaya diri).
  • Kemampuan untuk berbaur dan tampil menyenangkan, terlepas dari keadaan sosial.

Psikopat dapat memanipulasi dan menyakiti orang tanpa merasakan emosi apapun karena sistem limbik mereka –pusat emosi otak– terbatas dalam menanggapi informasi emosional.

Jika Anda berpikir Anda bekerja dengan rekan yang bisa jadi seorang psikopat, jagalah diri Anda terhadap keganasannya, bangun kredibilitas Anda sendiri dan jangan biarkan diri Anda menjadi korban.

Tips Menghadapi Rekan Kerja Psikopat

Ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan ketika menghadapi rekan kerja yang psikopat, antara lain:

Jangan memberi label

Jika Anda mengajukan keluhan, jangan menggunakan label. Anda akan lebih didengarkan jika Anda berbicara tentang perilaku spesifik seseorang, bukannya malah memberi label psikopat.

Jangan menjadi tukang mengeluh di kantor

Dicap seperti ini akan memudahkan bagi psikopat untuk memperkuat apa yang orang lain pikir tentang Anda.

Konstruktif dan senang membantu

Usahakan untuk selalu konstruktif dan senang membantu teman Anda, bagaimana pun statusnya.

Membangun dan memelihara hubungan

Mengembangkan reputasi sebagai orang yang mudah didekati, kompeten dan loyal sehingga rekan-rekan tidak memiliki alasan untuk meragukan Anda jika psikopat menyebar rumor tentang Anda.

Mendidik diri sendiri

Pelajari lebih lanjut tentang strategi yang digunakan psikopat sehingga Anda dapat menghindari mereka dan membuat diri Anda target yang sulit bagi mereka.

Pertimbangkan melaporkan perilaku kasar

Jika perilaku teman psikopat Anda sudah mengarah pada tindakan kasar, Anda perlu mempertimbangkan untuk melaporkannya ke pihak berwenang.

Dokumentasikan perilaku kasar dan ilegal lalu laporkan

Jika Anda tidak merasa mendapat dukungan dari atasan Anda, laporkan pada Sumber Daya Manusia atau laporkan secara anonim.

Pertimbangkan berganti pekerjaan

Jika memang keadaan sudah begitu buruk dan Anda tidak mampu lagi mengantisipasinya, pertimbangkan untuk berganti pekerjaan dan memilih lingkungan kerja baru.

Psikopat tidak mungkin mengubah perilaku mereka

Jika posisi Anda benar-benar tidak dapat dipertahankan, pertimbangkan untuk pindah ke bagian lain atau bahkan ke perusahaan lain. Ini bukan solusi yang adil, tetapi semakin menjauh Anda dari psikopat semakin baik.