Loading...

9 Tips Menciptakan Kamar Mandi Yang Nyaman

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Desain

TERUSKAN.COM – Mendesain kamar mandi agar terasa nyaman untuk digunakan dibutuhkan lebih banyak usaha dan perubahan.

Kamar mandi yang nyaman membutuhkan perencanaan yang cermat, jika tidak anda akan menghadapi banyak masalah seperti kebocoran air , lantai yang licin dan ventilasi yang buruk.

Untuk menghindari beberapa kesalahan dalam desain kamar mandi, berikut kami bagikan tips menciptakan kamar mandi yang nyaman untuk Anda gunakan.

Loading...

1 . Pemasangan Plumbing (Pemipaan)

Kesalahan dalam pemasangan pipa menjadi hal yang sangat umum ditemukan pada kamar mandi. Hal ini dapat di sadari ketika menggunkan kamar mandi Anda melihat air yang mengalir dari dinding. Masalah ini terjadi karena pemasangan pipa kamar mandi tidak dilakukan dengan benar.

Oleh karena itu, sebaiknya untuk pemasangan pipa kamar mandi tempatkan pipa pada daerah yang dapat Anda jangkau sehingga mudah dibetulkan ketika terjadi kebocoran.

2 . Lantai Anti-Slip

Gunakan bahan yang tidak licin (anti slip) untuk lantai kamar mandi, mengingat lantai kamar mandi lebih sering terkena air meskipun bukan dalam bentuk genangan. Saat ini banyak dijual lantai kayu anti –slip tetapi dengan harga yang cukup mahal .

Desain Kamar Mandi Nyaman

3 . Ventilasi

Jika kamar mandi tidak memiliki cukup ventilasi, maka dapat menyebabkan kondensasi di dalam ruangan dan akhirnya dapat mengundang jamur. Pencahayaan alami dan ventilasi yang tepat sangat diperlukan sehingga kamar mandi tidak pengap dan lembab.

Jika kamar mandi Anda memiliki jendela, biarkan tetap dalam keadaan terbuka saat tidak digunakan. Kipas ventilasi  (exhaust fan) juga dapat dipasang di dinding untuk membantu sirkulasi keluar masuknya udara.

4 . Siapkan Tempat Penyimpanan

Menciptakan Kamar Mandi Nyaman

Anda mungkin berpikir bukan hal yang penting untuk memiliki tempat penyimpanan pada kamar mandi.

Tetapi penambahan sebuah lemari dinding di kamar mandi dapat menambah tampilan nyaman pada kamar mandi dan membantu Anda untuk menyembunyikan peralatan yang ada di kamar mandi.

5 . Posisi Toilet

Tampaknya aneh jika toilet berada di samping pintu. Hindari penempatan toilet yang terlalu dekat dengan pintu, akan lebih baik jika toilet lebih dekat dengan wastafel.

6 . Pencahayaan

Sama halnya dengan udara, pencahayaan menjadi hal paling penting untuk membuat kamar mandi tetap nyaman. Cahaya alami atau dari lampu, keduanya penting dalam menciptakan kamar mandi yang nyaman.

Menciptakan Kamar Mandi Yang Nyaman

Cahaya juga membantu membuat kamar mandi bebas dari pengap. Pasanglah lampu kecil (redup) atau lampu halogen yang akan membantu saat akan ke kamar mandi pada malam hari.

7 . Pemilihan Bahan

Jika Anda menggunakan shower, pilih lantai yang tidak licin seperti keramik rough, porselen, dan granit yang sangat ideal untuk digunakan di kamar mandi. Batu alam atau kayu juga dapat digunakan. Kayu jati adalah pilihan yang cocok untuk kamar mandi karena tahan terhadap air.

Untuk genteng atau perekat ubin juga harus menggunakan bahan tahan air. Jika perekat ubin tidak tahan air maka dengan mudah dapat menyebabkan retak.

8 . Sediakan Ruang

Sisakan beberapa space untuk menciptakan kenyamanan pada kamar mandi. Anda dapat memberikan ruang pada depan toilet dan wastafel.

Ketersediaan ruang di tempat ini akan memberi kesan lega dan membuat kamar mandi menjadi nyaman untuk digunakan.

Menciptakan Kamar Mandi Nyaman

9 . Ruang Untuk Membuka Pintu

Ketika membuat kamar mandi Anda harus memastikan bahwa ada cukup ruang saat membuka pintu. Banyak kesalahan yang dihadapi dalam pemasangan pintu kamar mandi .

Untuk kamar mandi yang kecil, cobalah menggunakan pintu geser atau pintu yang dibuka ke arah luar.