Loading...

Ini Dia, 5 Cara Melawan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir

TERUSKAN.COM –  Saat sedang bekerja, tak jarang kantuk menyerang dengan mudahnya dan membuat kita ingin tidur walau masih banyak yang harus diselesaikan.

Hal inilah yang sering terjadi pada orang terutama yang bekerja di kantor, dimana pada jam-jam setelah istirahat makan siang, tiba-tiba merasa mengantuk dan sulit untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaan yang belum selesai.

Cara Melawan Rasa Kantuk di Saat Bekerja

Loading...

Rasa kantuk saat bekerja sebenarnya normal terjadi pada setiap orang. Namun karena efeknya yang sangat mengganggu seperti tidak mampu berkonsentrasi, menurunnya produktivitas kerja hingga kesalahan fatal terhadap pekerjaan membuat rasa kantuk saat bekerja harus diatasi.

Bagi anda yang sering merasa mengantuk saat bekerja, berikut beberapa tips dari kami untuk mengatasinya.

1. Tidak Tidur Larut Malam

Tentu saja, tidur larut malam maupun jam tidur yang kurang mudah sekali untuk membuat seseorang mengantuk pada keesokan harinya.

Jika anda memiliki gangguan tidur, maka sebaiknya anda coba dulu untuk mengatasinya dengan mandi air hangat, membiasakam untuk tidur di jam yang tidak terlalu larut dan lain sebagainya.

Jam tidur yang kurang maupun tidur yang tidak nyenyak akan menjadi salah satu penyebab terbesar seseorang menjadi mudah mengantuk di kantor.

2. ‘Istirahat Kecil’

Rasa kantuk saat bekerja juga sering disebabkan oleh aktivitas yang sama dalam waktu yang cukup lama, sehingga cukup membosankan dan mudah membuat ngantuk.

Di sela-sela pekerjaan anda, lakukan beberapa aktivitas lain seperti pergi ke kamar mandi dan mencuci wajah, pergi sebentar ke meja rekan kerja, membaca informasi lain sesaat, pergi ke dapur untuk membuat kopi dan lain sebagainya.

Dengan kegiatan kecil di sela-sela pekerjaan anda, akan membuat anda lebih segar.

3. Tidur Siang

Sebuah penelitian mengatakan bahwa tidur siang sekitar 15 menit dapat mengembalikan semangat kerja. Mungkin anda juga dapat melakukan hal tersebut di saat jam istirahat tiba, dengan makan lebih cepat dan menyempatkan waktu untuk tidur siang 10 hingga 15 menit saja.

Hal ini bukan berarti tidur siang dengan nyenyak, namun anda juga dapat melakukan dengan menutup mata dan rileks.

4. Atur Asupan Sarapan Pagi

Sarapan pagi merupakan hal yang sangat penting terutama bagi anda yang memiliki aktivitas kerja yang padat. Namun begitu, sarapan pagi tak serta merta dianggap makan di pagi hari, namun anda juga harus memperhatikan nutrisi dan asupan makanan yang anda konsumsi.

Sarapan dengan makanan yang mengandung banyak karbohidrat dapat lebih mudah membuat anda mengantuk saat bekerja, begitu juga dengan sarapan yang mengandung banyak gula.

Sarapan pagi yang sangat minim atau bahkan tak sarapan sama sekali tidak disarankan karena dapat membuat anda lapar dan makan siang dalam jumlah yang besar dan hal tersebut dapat meyebabkan kantuk menyerang.

5. Makan Siang Secukupnya

Makan siang biasanya menjadi saat yang selalu ditunggu, dan karena itu banyak yang makan siang dalam jumlah besar. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena akan menyebabkan rasa kantuk yang lebih mudah datang.

Makanlah secukupnya, kurangi jenis makanan yang mengandung banyak lemak dan banyaklah makan buah untuk membantu kinerja otak agar lebih mudah berkonsentrasi.

***

Itulah 5 tips melawan rasa kantuk di kantor. Meski tak mudah mengatasinya, untuk kinerja yang lebih baik, lawanlah rasa kantuk anda. Semoga bermanfaat.