Loading...

Benarkah Autisme Dimulai Jauh Sebelum Kelahiran?

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan
Benarkah Autisme Dimulai Jauh Sebelum Kelahiran?

Benarkah Autisme Dimulai Jauh Sebelum Kelahiran?

TERUSKAN.COM – Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang dialami sejak lahir ataupun saat masa balita. Karakteristik yang menonjol pada seseorang yang mengidap kelainan ini adalah kesulitan membina hubungan sosial, berkomunikasi secara normal maupun memahami emosi serta perasaan orang lain.

Selama ini, autisme biasanya baru diketahui ketika anak Anda menginjak usia beberapa bulan setelah proses kelahiran. Namun, ternyata autisme itu terjadi bahkan sejak buah hati Anda berada di dalam kandungan.

Loading...

“Perkembangan otak janin yang tidak sempurna selama di masa kehamilam mampu memicu timbulnya autisme. Oleh karena itu, ketika buah hati anda tumbuh, maka akan terjadi ‘tambal sulam’ otak yang menjelaskan kenapa autisme bisa semakin terlihat ketika buah hati anda tumbuh,” kata Prof Eric Courchesene, ahli syaraf di Universitas California, San Diego seperti dilansir dari BBC (27/3/2014).

Ditambah lagi, kelainan ini ditemukan di 90% anak yang terkena autis. Ini adalah suatu teguran bagi orang tua agar tetap menjaga kesehatan anak maupun diri sendiri bahkan jauh sebelum kelahiran.

Penelitian ini juga mengajak Ibu agar lebih peduli dengan kebiasaan memeriksakan kandungan sejak dini ke dokter kandungan. Selain memeriksa kesehatan janin, perkembangan otak juga bisa diperiksa agar perkembangannya bisa diketahui.

Pedulilah

Carol Povey, direktur dari The National Autistic Society Centre for Autism mengatakan bahwa studi ini menyoroti atas kesalahpahaman masyarakat atas masalah ini.

“Lebih baik mengerti perkembangan otak anak yang terkena autis sejak dini agar bisa membantu serta menemukan cara untuk mendukung sekitar 700.000 masyarakat yang hidup dengan kondisi ini,” ujarnya.

“Autisme bisa menyebabkan dampak yang mendalam dan merusak tetapi dengan dukungan yang tepat, dapat membuat perbedaan besar bagi mereka,” jelas Povey.