Loading...

Manfaat Buah Sirsak Bagi Ibu Hamil

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Bagi Ibu HamilTERUSKAN.COM – Buah sirsak memiliki rasa asam, dan sering dijadikan jus segar. Buah ini berwarna hijau-hitam saat matang. Sari buah sirsak memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Sari buah sirsak memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya, seperti tumor dan kanker, tidak hanya sebagai pelega tenggorokan. Hal ini dikarenakan kandungan gizinya yang tinggi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, karbohidrat, dan serat.

Namun bukan itu saja, buah sirsak ternyata juga baik bagi ibu hamil.

Loading...

Mencegah Komplikasi

Buah sirsak mengandung folat. Penelitian telah menegaskan bahwa konsumsi folat saat hamil membantu mencegah kekurangan pada wanita yang sedang hamil. Kekurangan mineral ini saat hamil mungkin dapat menimbulkan cacat lahir serta keguguran.

Kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup folat. Asupan harian yang direkomendasikan bagi wanita adalah 400 mikrogram (mcg) per hari. Kebutuhan folat meningkat secara substansial pada kehamilan.

Ibu hamil harus mengonsumsi setidaknya 600 mcg folat dari diet normal mereka sehari-hari. Selain makan makanan yang kaya folat, bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang dalam tahap awal kehamilan (tiga bulan pertama atau ‘trimester pertama’) Anda harus mengambil suplemen harian yang mengandung 0,5 mg asam folat.

Resiko Diabetes Gestasional

Selama kehamilan, produksi insulin dapat meningkat. Gula darah meninggi, terutama setelah makan. Peningkatan kondisi gula darah tinggi pada ibu hamil disebut diabetes gestasional.

Diabetes gestasional meningkatkan resiko komplikasi selama kehamilan, ibu hamil dan bayinya beresiko. Resiko komplikasi pada ibu hamil dengan hipertensi kronis (preeclampsia), edema (pembengkakan), cairan ketuban berlebihan, makrosomia dan kelahiran prematur. Potensi resiko bagi anak seperti penyakit kuning, gula darah rendah dan masalah pernapasan saat lahir.

Bayi yang ibunya menderita diabetes gestasional cenderung memiliki berat badan tinggi. Sari buah sirsak mengandung manfaat untuk menurunkan berat badan. Serat yang terkandung didalamnya dapat membantu Anda untuk merampingkan proses pencernaan dan menghentikan sembelit. Kandungan serat tinggi juga dapat membantu menghilangkan nafsu makan.

Penyebab dan Faktor Resiko

Penyebab diabetes gestasional diduga karena kebutuhan peningkatan insulin 2-3 kali lebih tinggi selama kehamilan. Wanita yang sedang hamil pada usia 30 tahun memiliki resiko lebih tinggi. Faktor resiko lain adalah faktor keturunan (terutama jika orang tua atau saudara mengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2), kelebihan berat badan (BMI lebih dari 25 kg/m2), dan riwayat sindrom ovarium polikistik (PCO).

Obesitas merupakan faktor resiko untuk diabetes gestational. Direkomendasikan untuk menjaga berat badan normal, untuk menurunkan berat badan sebelum hamil. Faktor resiko lain seperti keturunan, usia dan riwayat penyakit adalah sesuatu di luar kendali Anda.

Efek Samping

Buah sirsak berbahaya jika dimakan dalam dosis besar, dapat menyebabkan muntah dan menekan sistem kardiovaskular. Hal ini juga dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang harus dihindari oleh wanita hamil. Semua efek samping ini mungkin perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya untuk pengobatan kanker atau penyakit lainnya.

Jadi, buah sirsak, serta bagian lain dari pohon harus digunakan hanya di bawah pengawasan dokter atau penyedia layanan kesehatan.