Loading...

Beragam Manfaat Kesehatan dan Cara Membuat Selai Nanas

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Resep

Beragam Manfaat Kesehatan dan Cara Membuat Selai NanasTERUSKAN.COM – Nanas memiliki sari buah yang luar biasa dan rasa tropis yang menyeimbangkan rasa manis dan asam.

Nanas juga tersedia hampir sepanjang tahun di pasar lokal, Anda takkan menemukan kesulitan untuk mendapatkannya.

Nanas memiliki bentuk silinder yang lebar, hijau bersisik, kulit coklat atau kuning dan mahkota berduri, daunnya berwarna biru-hijau dengan daging kuning berserat. Rasa buah ini manis, dengan tekstur yang lembut.

Loading...

Manfaat Kesehatan Buah Nanas

Nanas, Ananas comosus, milik keluarga Bromeliaceae. Nanas memiliki kandungan satu senyawa yang mempromosikan kesehatan, enzim bromelain.

Manfaat buah nanas bagi kesehatan diantaranya ialah sebagai berikut, dilansir dari WHFoods.com:

1. Potensi manfaat anti-peradangan dan pencernaan

Bromelain adalah campuran kompleks zat yang dapat diekstraksi dari batang dan inti buah nanas. Di antara puluhan komponen yang diketahui ada dalam ekstrak kasar ini, komponen terbaik ialah kelompok enzim pencerna protein (disebut proteinase sistein).

Peradangan yang berlebihan, pembekuan darah yang berlebihan, dan beberapa jenis pertumbuhan tumor dapat dikurangi dengan dosis terapi bromelain ketika diambil sebagai suplemen makanan. Praktisi kesehatan telah melaporkan peningkatan pencernaan pada pasien yang mengonsumsi nanas sebagai buah pilihan.

2. Perlindungan antioksidan dan pendukung imunitas

Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air utama tubuh, mempertahankan semua area berair tubuh terhadap radikal bebas yang menyerang sel-sel normal dan kerusakan. Radikal bebas telah terbukti mempromosikan penumpukan plak pada arteri aterosklerosis dan penyakit jantung diabetes.

Makanan kaya vitamin C telah terbukti berguna untuk mencegah atau mengurangi keparahan kondisi. Selain itu, vitamin C sangat penting untuk fungsi yang tepat dari sistem kekebalan tubuh.

3. Mangan dan thiamin (Vitamin B1) untuk produksi energi dan pertahanan antioksidan

Nanas merupakan sumber mineral runut mangan yang sangat baik, yang merupakan kofaktor penting dalam sejumlah enzim penting dalam produksi energi dan pertahanan antioksidan.

Selain mangan, nanas juga memiliki kandungan thiamin, vitamin B yang bertindak sebagai kofaktor dalam reaksi enzimatik pusat produksi energi.

4. Perlindungan terhadap degenerasi makula

Data yang dilaporkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa makan 3 porsi atau lebih buah per hari dapat menurunkan resiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua, sebesar 36 persen, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi buah setiap hari.

Tiga porsi buah mungkin terdengar terlalu banyak untuk dimakan setiap hari, tetapi nanas dapat membantu Anda mencapai tujuan ini. Tambahkan nanas segar pada smoothie Anda di pagi hari, yogurt di siang hari, buah apapun dan salad sayuran.

Cara Membuat Selai Nanas

Selai lezat ini sangat cocok dijadikan olesan pada roti dan juga dapat digunakan sebagai dasar untuk saus manis-dan-asam atau glasir untuk daging panggang. Dari buku “Authentic Jamaican Kitchen Lucinda,” oleh Lucinda Scala Quinn (Wiley), dilansir dari MarthaStewart.com.

Bahan yang dibutuhkan:

1 nanas
1 cangkir air
2 cangkir gula
2 buah air jeruk nipis

Cara membuat:

Langkah 1.
Kupas nanas, parut daging buahnya – hingga Anda mendapatkan sekitar 2 cangkir. Masukkan nanas dan air dalam panci kecil dan masak di atas api sedang-rendah hingga nanas melembut, sekitar 35 menit.

Langkah 2.
Tambahkan gula dan air jeruk nipis dan aduk rata. Masak sampai campuran mengental, sekitar 45 sampai 60 menit. Masukkan selai ke dalam botol 16-ons dengan tutup ketat. Simpan dalam lemari es.