Loading...

Resep Dan Cara Membuat Bakso Ikan

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Resep

Cara-Membuat-Bakso-Ikan

TERUSKAN.COM – Bakso ikan terbaik dapat dibuat dari ikan herring atau ikan kakap. Anda juga dapat menggunakan ikan makarel. Dua yang pertama memiliki lebih banyak tulang, jadi lebih sulit untuk ditangani, tapi bakso ikannya luar biasa manis, tidak terlalu amis. Namun jika ingin, Anda bisa mencoba bereksperimen dengan menggunakan ikan jenis lainnya.

Saat membuat bakso ikan, beberapa orang menambahkan tepung jagung sebagai bahan pengisi. Beberapa orang bahkan menambahkan MSG. Bakso ikan yang lezat seharusnya melenting dan kenyal saat digigit.

Loading...

Pasta ikan tradisional dibuat dengan bahan-bahan minimal. Untuk meringkas proses, Anda mengeruk semua daging ikan dan membantingnya hingga mencapai konsistensi yang tepat.

Anda harus melakukannya dengan jumlah waktu yang tepat untuk mencapai bakso ikan sempurna dengan konsistensi ‘kekenyalan’ tertentu.

Manfaat Kesehatan Bakso Ikan

Bakso ikan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut diantaranya, dilansir dari Live Strong:

– Bakso ikan rendah kalori, seporsi 100 gram mengandung hanya 77 kalori. Jumlah itu terdiri dari kurang dari 4 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, dan menjadikan bakso ikan sebagai pilihan makanan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

– Seperti hidangan lainnya yang terbuat dari seafood , bakso ikan kaya protein. Seporsi 100 gram mengandung 10 gram protein, yang lebih banyak 1,5 kali dari telur. Protein sangat penting bagi kesehatan Anda karena memberikan asam amino, blok bangunan molekul sel dan jaringan.

– Setiap porsi 100 grambakso ikan hanya mengandung 1 gram lemak, tanpa lemak jenuh. Sementara lemak padat kalori, penting untuk menyediakan energi, membantu dalam penyerapan vitamin dan memastikan pertumbuhan yang sehat.

– Bakso ikan relatif rendah karbohidrat, dengan 8 gram per 100 gram porsi. Jika Anda sedang diet rendah karbohidrat, ini mungkin bukan pilihan ideal, dua porsi 100 gram bakso ikan menyediakan jumlah karbohidrat yang sama seperti sepotong roti.

– Bakso ikan merupakan sumber vitamin dan mineral. Tubuh Anda membutuhkan vitamin dan mineral untuk melaksanakan fungsi metabolisme penting untuk kesehatan yang optimal.

Resep Bakso Ikan

Berikut adalah resep bakso ikan yang kami lansir dari ThisHungryKitten.com. Siapkan diri untuk membanting pasta ikan, salah satu cara yang bagus untuk melepaskan stres dan ketegangan.

Talenan kayu dapat menyerap bau amis dan memakan waktu lebih lama untuk dibersihkan, gunakan talenan plastik untuk bau amis lebih sedikit.

Bahan yang digunakan:

2 ikan makarel Spanyol, sekitar 1 pon masing-masing
1 sendok teh garam (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk (atau sesuai selera)
1 sendok makan tepung maizena
Air

Cara membuat:

1. Bersihkan ikan Anda. Makarel Spanyol tidak memiliki sisik, sehingga menjadikannya lebih mudah. Buat celah sepanjang perut ikan, dari rektum hingga kepala. Angkat semua jeroan dan buang. Bilas ikan dalam air dingin, keringkan dan tempatkan di atas talenan.

2. Potong kepala ikan. Buang, atau simpan jika Anda ingin menggunakannya untuk membuat kaldu.

3. Filet ikan. Iris daging ikan sepanjang tulang dari depan ekor ke arah kepala menggunakan pisau tajam. Lakukan di sisi lain juga. (2 filet per ekor).

4. Kikis daging dari kulit dan buang tulang ikan yang tersisa, gunakan sendok. Pisahkan semua daging, tanpa tulang ataupun kulit. Waspadai tulang kecil! Anda tidak akan ingin ada tulang dalam pasta ikan Anda.

5. Tempatkan semua daging di atas talenan dan bumbui dengan garam dan lada putih. Gunakan 3/4 sendok teh garam dan sekitar 1/2 sendok teh lada putih, atau sesuaikan dengan selera Anda.

6. Tambahkan sekitar 1/4 sendok teh garam yang tersisa untuk sekitar 1/3 cangkir air dan sisihkan untuk digunakan nanti.

7. Gunakan bagian belakang pisau besar Anda, potong ikan. Awasi setiap tulang. (Catatan: jika ingin menghemat waktu, Anda bisa menggunakan food processor).

8. Ikan akan mengembangkan konsistensi, sedikit lengket, ketika Anda melanjutkan untuk memotong. Tambahkan sedikit air asin sedikit demi sedikit sambil memotong. Ini akan membuat lebih mudah dan kurang lengket.

9. Sekarang untuk bagian yang paling penting. Ketika ikan Anda telah selesai dicincang secara merata, tanpa potongan besar, Anda akan mengumpulkan bola pasta ikan dan memulai proses melempar/membanting. Banting pasta ikan berulang-ulang ke talenan. Ini adalah kunci untuk membuat bakso ikan Anda “kenyal.”

10. Ketika Anda selesai membanting pasta, tambahkan sedikit air ke 1 sendok makan tepung maizena dalam mangkuk kecil, cukup untuk melarutkan. Tambahkan ini ke pasta ikan dan uleni sampai tercampur dengan baik.

11. Pasta ikan Anda seharusnya halus dan lembut. Setelah selesai, basahi tangan dan oleskan sedikit air ke permukaan pasta bakso ikan Anda dan Anda akan melihatnya menjadi halus dan mengkilap.

12. Anda dapat menguji pasta bakso ikan Anda dengan menjatuhkan sesendok ke dalam air mendidih. Ketika mengapung berarti sudah masak. Anda dapat menambahkan lebih banyak bumbu, memotong atau membanting sesuai kebutuhan.

13 . Untuk membuat bakso ikan, ambil pasta dengan sendok dan bentuk menjadi bola.

Penyimpanan:

Anda dapat memisahkan pasta ikan sebagaimana yang Anda inginkan, dan menyimpannya di dalam freezer.

Jika Anda ingin membekukan dalam bentuk bola ikan, disarankan untuk melapisi loyang dengan kertas roti, taruh bakso ikan dalam satu lapisan pada perkamen, tutup dengan foil untuk menghindari bau menyebar dan kemudian bekukan dalam beberapa jam atau semalam.