Loading...

Resep Italian Tuna Balls

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Resep

Resep Italian Tuna BallsTERUSKAN.COM – Ikan tuna memang bukanlah sumber makanan laut utama untuk mendapatkan nutrisi penting, termasuk lemak omega 3, karena semua spesies tuna menunjukkan beberapa tingkat kontaminasi merkuri dalam studi penelitian. Namun, tak ada salahnya menikmati tuna beberapa kali per bulan, terutama jika Anda memilih jenis tuna dengan resiko merkuri lebih rendah.

Manfaat Kesehatan

Menurut WHFoods.com, para peneliti telah menemukan bahwa tuna mengandung mineral selenium dalam bentuk yang tidak biasa, disebut selenoneine. Bentuk selenium ini memainkan peran penting dalam kesehatan ikan dengan memberikan antioksidan dan melindungi sel-sel darah merah ikan dari kerusakan radikal bebas. Menariknya, ia juga mampu berikatan bersama dengan senyawa merkuri dalam tubuh ikan (termasuk metil merkuri, atau MeHg) dan menurunkan resiko masalah terkait merkuri.

Karena ada sekitar 2-3 miligram selenoneine dalam porsi 4 ons tuna, kita akan mendapatkan beberapa perlindungan antioksidan yang sama ketika mengonsumsi tuna.

Loading...

Para peneliti menemukan penurunan resiko atrial fibrillation (AF) ketika suatu kombinasi spesifik dari ikan – yaitu, tuna kaleng dan ikan berminyak seperti salmon – dimakan lebih dari dua kali per minggu. Menariknya, kombinasi ikan spesifik ini lebih erat terkait dengan penurunan resiko AF dari jumlah total asam lemak omega 3 yang disediakan oleh ikan.

Selama persiapan untuk pengalengan tuna, ikan utuh sering dikukus selama berjam-jam, dan selama proses ini, cairan (disebut jus memasak) sering dibuang sebagai limbah oleh produsen tuna. Dalam suatu studi, para ilmuwan telah meneliti komposisi gizi jus ini dan menetapkan adanya fragmen protein kecil – disebut peptida – yang hadirdan memiliki sifat antioksidan yang kuat. Sifat antioksidan peptida tuna ini mencakup kemampuan untuk melindungi membran sel dari kerusakan akibat oksigen (suatu proses yang disebut peroksidasi lipid).

Resep Italian Tuna Balls

Yuk, buat Italian Tuna Balls sendiri, resep diambil dari dari BBC Good Food:

Bahan yang digunakan:

2 kaleng berisi 160g tuna dalam bunga matahari atau minyak zaitun, tiriskan
segenggam kecil kacang pinus
1 kulit lemon, diparut
segenggam kecil daun peterseli, cincang kasar
50g remah roti segar
1 butir telur, kocok
400g spaghetti
500g pasta saus

Cara membuat:

Masukkan tuna ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan dengan kacang pinus, kulit lemon, peterseli, remah roti dan telur. Berikan bumbu dan aduk dengan menggunakan tangan Anda hingga tercampur rata. Gulung campuran menjadi bola-bola kecil. Panaskan panci besar berisi air asin hingga mendidih, kemudian masak spaghetti sesuai dengan instruksi pada kemasan.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan besar tidak lengket, kemudian goreng bola tuna selama 5 menit, bolak-balik setiap menit atau lebih hingga berubah warna menjadi keemasan. Tiriskan di atas kertas dapur. Panaskan saus tomat, lalu aduk dengan pasta dan bola tuna.

Perhatian!

Salah satu aspek yang paling kontroversial dari ikan tuna ialah potensi kontaminasi merkuri. Selain itu, tingkat histamin sebelumnya dalam tuna membuat ikan ini lebih sering dikaitkan dengan reaksi merugikan dibandingkan makanan lain.