Loading...

Lakukan 4 Perawatan Alami ini Untuk Mengatasi Radang Amandel

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Mengatasi Radang AmandelTERUSKAN.COM – Kenal dengan amandel bukan? Amandel mungkin dikenal banyak orang sebagai salah satu penyakit. Padahal amandel sebenarnya merupakan salah satu organ tubuh yang terletak di bagian belakang dalam mulut anda.

Setiap orang sebenarnya memiliki amandel, namun dengan besar dan kondisi yang berbeda-beda.

Bagi beberapa orang yang memiliki kondisi amandel yang sering meradang, sering rentan beberapa penyakit seperti radang dan infeksi tenggorokan, demam, batuk dan lain sebagainya.

Loading...

Sebenarnya amandel berfungsi alami untuk mengatasi infeksi dalam tubuh anda lewat sel-sel yang ada pada amandel. Akan tetapi ada kalanya amandel itu sendiri terinfeksi dan membengkak hingga menyebabkan radang yang berwarna kemerahan dan lapisan putih yang muncul di sepanjang permukaan amandel.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi pada amandel tentu sangat tidak mengenakkan karena kita akan merasa demam, susah dan sakit saat menelan hingga tidak bisa bicara karena tenggorokan terasa amat sakit.

Berbagai cara biasa dilakukan penderita radang amandel terutama mengonsumsi antibiotik untuk meredakan infeksi. Akan tetapi, jika anda menginginkan cara yang lebih alami, berikut adalah tips meredakan radang amandel dengan perawatan alami.

1. Air Jeruk Nipis

Radang amandel biasanya menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan terutama saat anda menelan dan berbicara.

Rasa sakit ini dapat diredakan dengan air jeruk nipis. Caranya sangat mudah yaitu dengan memeras jeruk nipis dalam air hangat dan anda hanya tinggal meminumnya.

Untuk cara yang lebih efektif anda dapat mencampurnya dengan garam dan madu. Minumlah dengan rutin beberapa kali sehari untuk meredakan rasa sakit oleh radang amandel.

2. Kunyit Asam

Cara lain untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan yang timbul karena radang amandel, anda dapat mengonsumsi air kunyit asam.

Mengapa air kunyit asam? Hal ini karena bahan alami dari kunyit memiliki anti bakteri alami yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi pada amandel.

Anda dapat merebus kunyit dan asam dan minumlah hangat-hangat. Minuman ini idealnya anda minum minimal 3 hari secara rutin.

3. Jus Sayur

Jika anda sudah terbiasa mengonsumsi jus dari sayur sayuran, anda dapat mencoba jus sayur ini untuk membantu menyembuhkan radang amandel.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat jus dari sayur-sayuran seperti wortel, bit dan mentimun. Ketiga bahan alami tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun yang dapat secara otomatis melawan infeksi dalam tubuh.

Konsumsi secara rutin beberapa hari dan anda juga dapat terus mengonsumsinya walaupun radang amandel telah sembuh untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Teh Chamomile

Teh jenis ini merupakan teh yang banyak dikonsumsi terutama untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Ya, teh chamomile juga dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan, dan pada beberapa negara teh chamomile juga dipercaya sebagai obat alami yang ampuh menyembuhkan batuk.

Anda dapat menyeduh teh chamomile dalam air hangat yang dicampur dengan lemon dan madu. Komposisi ini tidak hanya dapat membantu menyembuhkan radang amandel, namun juga dapat mengurasi rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan anda.

***

Itulah 4 cara alami menyembuhkan radang amandel yang dapat anda lakukan dengan mudah. Konsumsi dengan rutin untuk penyembuhan yang maksimal. Semoga bermanfaat.