Loading...

Bagaimana Melindungi Mata Anda Dari Layar Monitor?

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Mata dianggap sebagai cermin jiwa yang bertindak sebagai jendela dan penghubung dengan dunia luar. Mata tidak hanya dapat mengungkapkan kecantikan, tetapi juga mampu menyiratkan kesehatan Anda.

Gaya hidup setiap orang memiliki peran yang besar dalam menentukan kesehatan mata. Ada begitu banyak orang yang harus bekerja dengan komputer dan setiap hari selalu berada di depan layar monitor.

Cara Melindungi Mata Dari Layar Monitor

Loading...

Mata merupakan bagian sangat penting yang harus Anda jaga, terutama jika Anda termasuk orang yang menggunakan komputer selama berjam-jam secara terus menerus setiap hari.

Regangan adalah faktor yang paling umum yang memberikan kontribusi untuk ketidaknyamanan yang Anda rasakan setelah sehari penuh bekerja di depan komputer.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan misalnya berada terlalu dekat dengan layar, akibat silau yang dipancarkan dari layar monitor, huruf kabur di layar, tingkat mata tidak nyaman dengan layar atau menatap konstan pada layar untuk waktu yang lama. Maka dari itu, Anda harus memberikan perhatian ekstra terhadap mata Anda.

Berikut adalah beberapa tips mudah perawatan mata bagi Anda yang selalu bekerja di depan komputer, yang akan membantu Anda untuk menghindari ketegangan mata:

Istirahatkan mata

Istirahatkan mata Anda setiap beberapa menit. Menatap layar tanpa berkedip, akan menyebabkan mata Anda menjadi kering.

Ini adalah salah satu tips perawatan mata yang disarankan untuk Anda saat bekerja di depan komputer guna menghindari terjadinya ketegangan.

Telapak tangan

Gosokkan telapak tangan Anda satu sama lain sampai terasa hangat. Kemudian pejamkan mata Anda lalu letakkan telapak tangan Anda di atasnya dan biarkan selama 60 detik.

Cara ini akan membantu mata lelah Anda menjadi terasa lebih santai. Ulangi perawatan ini dua atau tiga kali sampai Anda merasa tenang.

Sesuaikan tingkat/posisi mata dengan layar

Entah itu televisi atau komputer, saat Anda menggunakannya, sangat penting untuk menjaga keseimbangan tingkat antara keduanya.

Posisikan komputer Anda sejajar dengan mata Anda. Ini adalah salah satu tips perawatan mata yang paling penting saat bekerja dengan komputer.

Ikuti aturan 20-20-20

Latihan ini akan membantu Anda merasa lebih bersantai setelah berjam-jam duduk di depan layar komputer.

Berpaling dari layar komputer Anda setiap 20 menit lalu tataplah setiap objek jauh yang setidaknya memiliki jarak 20 kaki, lakukan hal ini selama 20 menit.

Sesuaikan kontras

Gunakanlah huruf gelap pada layar monitor Anda, sesuaikan kontras agar mata Anda tidak merasa lelah. Ini adalah salah satu tips perawatan mata yang paling praktis saat Anda bekerja di depan komputer.

Pengaturan cahaya

Sangat penting untuk bekerja dalam suasana di mana terdapat pengaturan cahaya yang tepat. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana untuk menghindari ketegangan mata akibat komputer, sebaiknya letakkan komputer Anda ditempat yang tidak gelap namun juga tidak begitu terang.

Kurangi kecerahan layar

Saat bekerja menggunakan komputer, usahakan untuk mengurangi kecerahan layar ke tingkat yang lebih nyaman. Meningkatkan kecerahan akan membuat mata Anda menjadi tegang.

Ini adalah titik lain yang termasuk dalam daftar tips perawatan mata yang sangat efektif.

Go green

Warna hijau dianggap sebagai warna terbaik untuk menjaga mata Anda agar menajdi rileks. Saat melakukan pekerjaan Anda, sesekali alihkan tatapan Anda untuk melihat keluar jendela dan menikmati hijau rumput yang segar.

Atau Anda dapat mengakalinya dengan memasang wallpaper berwarna hijau pada layar monitor Anda.

Berkedip

Salah satu tips perawatan mata yang paling efektif saat bekerja menggunakan komputer adalah dengan mengedipkan mata Anda sesering mungkin.

Ini akan membantu menjaga kelembaban alami yang dihasilkan oleh cairan di mata Anda dan menghindari kekeringan serta masalah terkait lainnya.

Pertimbangkan untuk menggunakan kacamata komputer

Anda bisa menggunakan kacamata komputer yang dibuat khusus untuk orang-orang yang selalu bekerja di depan komputer. Ini dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

**

Pekerjaan memang merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap orang, namun jika hal tersebut mengancam kesehatan Anda, segeralah mencari solusi yang tepat guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.