Loading...

7 Teori Menarik Mengenai Hilangnya Pesawat MH370

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Mancanegara, News, Teknologi

TERUSKAN.COM – Pada tanggal 8 Maret 2014, pesawat Malaysia Airlines Flight 370 dijadwalkan akan terbang dari bandara Internasional Kuala Lumpur menuju bandara Internasional Ibukota Beijing. Tetapi penerbangan yang dijadwalkan itu tidak pernah sampai ke tujuan dan hilang dalam waktu satu jam dari waktu keberangkatan.

Regu pencari, angkatan laut internasional, dan operasi penyelamatan kemudian berinisiatif untuk mencari tahu apa yang terjadi tetapi tidak berhasil. Lebih dari 20 hari telah dilakukan pencarian sejak hilangnya Flight 370 bersama dengan awak dan 227 penumpang.

Hilangnya Pesawat MH370

Loading...

Operasi pencarian itu sendiri kabarnya menjadi salah satu operasi pencarian terbesar yang dilakukan karena meliputi keseluruhan perairan mulai dari teluk Thailand, laut Cina Selatan, Selat Malaka, laut Andaman dan bahkan daerah terpencil yang hampir tidak dapat diakses dari Samudera Hindia.

Namun pencarian yang dilakukan tidak juga membuahkan hasil dan tidak mendapatkan bukti yang konkret menegnai apa yang sebenarnya terjadi dengan penerbangan MH370.

Banyaknya alasan dan teori yang dikemukakan dari beberapa sudut pandang mulai bermunculan tentang hilangnya pesawat ini. Mulai dari alasan yang masuk akal hingga aneh.

Berikut beberapa teori menarik tentang hilangnya pesawat Malaysia Airlines Flight 370 yang dapat Anda simak pada artikel di bawah ini.

1 . Kebakaran

Salah satu teori mengenai hilangnya Flight MH370 yaitu terjadinya kebakaran dikarenakan terjadinya beberapa kesalahan teknis atau kegagalan mekanis. Entah bagaimana kebakaran bisa terjadi dan meskipun pilot mungkin telah mencoba untuk kembali ke bandara Malaysia, pesawat mungkin telah jatuh ke laut sebelum bisa kembali.

Kebakaran yang terjadi menyebabkan putusnya komunikasi antara pesawat dan menara bandara. Para awak dan penumpang tidak bisa mencoba untuk berkomunikasi karena tertutupi dengan asap atau terjadi dekompresi pesawat. Bahkan pilot mungkin telah pingsan dan pesawat terus terbang sampai kehabisan bahan bakar dan jatuh ke laut.

2 . Pembajakan

Teori lain menyebutkan bahwa Flight MH370 telah dibajak . Salah satu penumpang bisa memperoleh akses ke kokpit dan bisa mengambil kendali penerbangan.

Penumpang bisa saja dipersenjatai dan mengancam pilot untuk mengubah arah. Atau penumpang sendiri yang mengambil kendali pesawat setelah membunuh pilot pesawat MH370.

3 . Serangan Teroris

Penerbangan MH370 bisa saja menjadi salah satu sasaran empuk bagi teroris yang ingin melancarkan aksinya. Para teroris bisa saja berada di antara penumpang.

Beberapa penyelidikan sebelumnya telah mengungkapkan terdapat dua penumpang yang menggunakan paspor palsu. Tetapi sampai saat ini, tidak ada permintaan uang tebusan yang diminta dari beberapa kelompok teroris manapun.

4 . Pilot Bunuh Diri

Sebuah teori yang menarik  dan aneh mengatakan bahwa pilot mungkin telah melakukan bunuh diri dengan sengaja dan menerbangkan pesawat ke laut. Teori ini berasal dari fakta dan kejadian serupa di masa lalu. Pada tahun 1997, sebuah Boeing 737 memang sengaja terjun ke sungai Indonesia karena pilot berniat untuk bunuh diri.

Selain itu, teori ini hampir cocok karena hampir tidak ada puing-puing yang ditemukan di dasar laut  karena pesawat yang masuk ke laut  tidak akan hancur menjadi reruntuhan melainkan akan turun dengan cepat ke dalam air.

5 . Pencurian

Beberapa spekulasi juga menunjukkan bahwa Flight MH370 bisa saja dicuri oleh beberapa kelompok teroris atau kekuatan asing dengan maksud untuk menjalankan beberapa serangan teror di masa depan atau untuk mendapatkan kargo berharga pada pesawat tersebut.

Namun, para ahli tidak yakin. Menurut mereka , teroris bisa mencuri jet yang jauh berukuran lebih kecil untuk tujuan terorisme. Karena saat mencuri pesawat civil seperti MH370 memiliki resiko lebih besar tertangkap karena melibatkan begitu banyak negara dan pemerintah.

6 . Kesengajaan Pemerintahan

Sebuah teori menarik tentang hilangnya Flight MH370 yaitu kesengajaan dari pemerintah yang terlibat tetapi menutupinya untuk alasan keamanan. Teori ini juga diperkuat dari fakta bahwa lambatnya gerakan yang dilakukan pemerintah Malaysia. Bahkan kemungkinan terburuk mengatakan bahwa pesawat sengaja ditembak jatuh.

Munculnya sebuah teori yang sangat menarik mengatakan bahwa pesawat tersebut merupakan bagian dari beberapa eksperimen ilmiah (Eksperimen philadelphia pada tahun 1943 ) dan kemudian dihancurkan oleh AS untuk mencegahnya jatuh ke tangan asing.

7 . Penculikan Alien

Hilangnya MH370 secara tiba-tiba tidak lepas dari teori mistis. Rumor mengenai penculikan yang dilakukan para alien bahkan tidak luput dari dugaan yang dikeluarkan.

Tetapi jika berpikir secara rasional, setiap spesies asing yang ingin belajar dari umat manusia pastinya tidak akan melakukan hal seperti ini terlebih cerita mengenai alien belum dapat diakui karena tidak adanya bukti langsung pesawat dari alien terdeteksi pada radar.

**

Karena tidak adanya bukti kuat, kita hanya bisa berasumsi mengenai hilangnya pesawat MH370 secara misterius. Penerbangan MH370 menjadi salah satu kecelakaan transportasi udara terbesar yang terjadi karena melibatkan banyak negara. Kita hanya bisa berharap untuk hasil terbaik yang nantinya akan ditemukan.