Loading...

3 Manfaat dari Pengolahan Biji Aprikot

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Resep

 3 Manfaat dari Pengolahan Biji Aprikot TERUSKAN.COM – Kernel aprikot atau yang biasa disebut dengan biji apricot dibungkus dengan daging buah apricot  dan memiliki tekstur yang sangat keras sehingga sering dikatakan “batu”.

Dalam beberapa penggunaan, biji aprikot biasanya dipanggang dan dibuat menjadi minuman keras, sementara minyaknya yang diekstrak dari biji digunakan sebagai minyak goreng dan bahan pembuatan kosmetik.

Biji aprikot juga menghasilkan senyawa aktif yang memiliki kandungan anti-kanker, meskipun belum ada bukti klinis. Selain itu, ia mengandung substansi yang dikenal dapat berubah menjadi racun pada dosis tinggi.

Loading...

Meskipun demikian, biji aprikot ternyata memiliki manfaat dan fungsi lain.

1. Sebagai Obat

Biji aprikot mengandung glikosida yang dikenal sebagai amygdalin atau yang biasa disebut dnegan laetrile.

Meskipun dua nama ini sering digunakan secara bergantian, American Cancer Society mengatakan bahwa zat tersebut dapat digunakan untuk pengobatan kanker, arthritis dan tekanan darah tinggi.

Menurut Drugs.com penggunaan laetrile dalam pengobatan kanker, saat ini dilarang untuk digunakan di Amerika Serikat dan di Eropa karena ada kemungkinan toksisitas dari bagian lain ditemukan dalam biji aprikot yaitu sianida.

Meskipun demikian, penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pharmaceutical Sciences edisi Desember 2002 melaporkan bahwa standar ekstrak aprikot menghambat ekspresi P-glikoprotein dalam usus, yang tidak akan mencegah penyerapan obat-obatan tertentu.

2. Bahan Kuliner

Ekstrak dari biji aprikot digunakan sebagai perasa pada minuman keras tradisional di Italia yang dikenal sebagai amaretto dan untuk meningkatkan rasa cookies biscotti almond. Sementara minyak dari biji aprikot digunakan untuk memasak.

Menurut database nutrisi yang disusun oleh Departemen Pertanian di Amerika Serikat, minyak biji aprikot mengandung vitamin E dan berbagai asam lemak esensial dan sterol.

3. Bahan Kosmetik

Minyak biji aprikot digunakan untuk membuat berbagai kosmetik, terutama lotion untuk kulit dan krim. Ini dikarenakan minyak dari biji aprikot mudah diserap ke dalam kulit tanpa membuat kulit terasa berminyak.

Asam lemak dan sterol dalam biji aprikot membantu melembabkan lapisan luar kulit dan meminimalkan efek  penuaan atau kerusakan akibat sinar matahari.

Demikian beberapa kegunaan yang bisa Anda manfaatkan dari biji aprikot. Bukan hanya daging dari buah ini yang dapat memberikan manfaat, tetapi juga bijinya.

Resep Masakan

1. Apricot Kernel Pesto

Bahan:
2 cangkir daun kemangi segar
2 siung bawang putih
1/4 cangkir campuran bitter baku biji aprikot dan kacang mete atau kenari
2/3 cangkir minyak zaitun extra-virgin
garam dan lada hitam secukupnya
1/2 cangkir keju
parut segar Pecorino
Cara Membuat :
Campur kemangi, bawang putih, dan campuran biji aprikot dalam food processor sampai tercincang kasar.Tambahkan 1/2 cangkir minyak zaitun lalu aduk hingga  tercampur rata. Bumbui dengan garam dan merica.
Setelah itu sirami lagi dengan minyak zaitun lalu masukkan ke dalam mangkuk saji besar dan campuran dengan keju.
(Untuk hidangan 1 cangkir.)
2. Marzipan
Bahan:
1 1/4  gelas almond, digongseng
2  biji aprikot yang telah diparut
2 1/4  gula coklat gelap
3 putih telur kecil
Cara Membuat :
Hancurkan kacang almond dan masukkan biji aprikot yang telah diparut beserta  gula lalu di blender hingga sangat halus. Setelah itu tambahkan putih telur satu per satu. Uleni sampai halus.
Anda dapat menggunakan cetakan atau dibentuk menjadi gulungan, biarkan dingin, lalu iris.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://acenutrients.com)