Loading...

6 Manfaat Si Lezat Buah Semangka Untuk Kecantikan

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Siapa yang tak suka buah semangka? Salah satu buah musiman yang banyak mengandung air ini memang menjadi salah satu buah terfavorit banyak orang. Selain karena rasanya yang manis, juga ukurannya yang besar dengan biji yang sedikit sehingga sangat puas untuk dimakan.

Di negara-negara yang memiliki 4 musim, buah semangka juga identik dengan musim panas. Buah ini memang dipanen di musim panas dan sangat cocok dihidangkan pada saat cuaca panas terik. Rasanya yang amat menyegarkan, terlebih jika didinginkan dahulu di lemari es. Buah semangka juga sering diolah menjadi beragam olahan masakan misalnya dijus, dibuat puding, ataupun salad.

Manfaat  Semangka Untuk Kecantikan

Loading...

Kesegaran dan nikmat rasa buah semangka ternyata tidak hanya untuk di mulut saja, namun juga baik untuk kesehatan dan untuk kecantikan.

Perawatan kecantikan saat ini memang banyak yang beralih ke bahan-bahan alami yang dipercaya lebih ampuh, tanpa efek samping dan tentu aman digunakan karena bahan yang alami tanpa campuran bahan kimia apapun.

Apa saja khasiat buah semangka untuk kecantikan? Berikut ulasannya.

1. Melembabkan Kulit

Usaha melembabkan kulit tentu berhubungan dengan mineral yang dapat ditemui dalam produk yang mengandung banyak air. Hal tersebut juga dapat ditemukan dalam semangka yang memang memiliki kandungan air yang melimpah.

Kandungan air yang banyak tersebut mampu mencegah tubuh dari dehidrasi dan secara langsung juga menjaga kelembaban kulit wajah yang berkaitan dengan kandungan air dalam tubuh.

Selain dapat dimakan langsung maupun dinikmati dalam bentuk jus, anda dapat membuat masker wajah dari semangka.

Potong-potong buah semangka dan haluskan dengan menggunakan garpu, lalu semangka yang telah dihaluskan tadi dicampur dengan madu secukupnya. Oleskan secara merata ke wajah, diamkan beberapa saat, dan bilas.

Cara ini dipercaya ampuh menjaga kuit wajah tetap lembab dan bercahaya.

2. Penyegar Wajah Alami

Selain bermanfaat untuk melembabkan wajah, semangka juga berkhasiat sebagai penyegar untuk kulit wajah kita. Berfungsi seperti toner, buah semangka dapat menjadikan wajah segar dan bercahaya.

Caranya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan potongan daging buah semangka langsung ke wajah secara merata, sambil memijat wajah perlahan untuk membantu sari buah meresap langsung pada kulit.

Diamkan sejenak agar khasiat buah semangka bekerja dengan sempurna, lalu bilas hingga bersih dan keringkan, lanjutkan dengan mengoleskan pelembab favorit anda.

3. Menghambat Penuaan

Penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan kondisi kulit yang kering, munculnya keriput hingga bintik hitam merupakan salah satu masalah kulit wajah yang paling ditakuti para wanita.

Agar kulit wajah senantiasa lembab dan mencegah cepatnya penuaan dini yang muncul pada kulit, rajin-rajinlah mengoleskan potongan semangka yang segar pada wajah.

Kandungan likopen, vitamin C dan A dipercaya mampu menjaga wajah dari pengaruh radikal bebas, anti oksidan dan secara otomatis mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada wajah.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Semangka yang mengandung vitamin A ternyata juga ampuh dalam mengecilkan pori-pori kulit pada wajah, sehingga mengurasi produksi minyak pada wajah.

Lakukan dengan cara menjadikan semangka sebagai masker atau perawatan kecantikan kulit wajah lainnya.

5. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam? hal tersebut memang sangat mengganggu penampilan anda. Jadikan semangka sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan kulit wajah dengan cara mengoleskan daging buah semangka langsung pada kulit secara teratur.

6. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang menjadi masalah utama bagi sebagian besar wanita ternyata dapat dicegah dan diatasi dengan buah semangka yang dikenal dapat mengontrol produksi minyak pada wajah.

Lakukan cara praktis ini, yaitu dengan mencelupkan kapas dalam jus semangka, dan mengoleskan ke kulit wajah sambil memijat perlahan.

Cara ini dapat anda lakukan secara teratur untuk menghaluskan dan juga menghilangkan jerawat yang membandel.

***

Khasiat buah semangka dengan kandungan baiknya dapat anda jadikan sebagai alternatif alami produk perawatan kecantikan. Cara terpraktis lainnya adalah dengan mengonsumsi semangka secara teratur. Semoga bermanfaat.