Loading...

Mau Tahu Jika Seseorang Berbohong? Ini Dia 6 Ciri-Cirinya!

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

Ciri-ciri BerbohongTERUSKAN.COM – Seperti yang kita ketahui, dibohongi merupakan suatu hal sangat menyebalkan, terutama jika hal tersebut dilakukan oleh orang yang kita percaya, teman dekat, bahkan pasangan sendiri. 

Baik itu kebohongan kecil maupun besar, jika sering dilakukan memang membuat hubungan kita dengan orang tersebut menjadi renggang, bahkan tak jarang putus dan disertai dengan pertengkaran yang tidak mengenakkan.

Terkadang kejadian dibohongi juga disebabkan oleh kita yang terlalu mudah percaya terhadap perkataan seseorang yang kita anggap benar dan akhirnya kita terjebak dalam kebohongannya.

Loading...

Tak jarang pula kebohongan tersebut kita sadari dalam waktu yang cukup lama dan akhirnya semua terlambat untuk diungkap.

Agar tidak lagi terjebak dengan kebohongan, kenali ciri-ciri seseorang yang berbohong. Ini dia!

1. Gerak Mata

Gerak mata dapat mencerminkan seseorang yang berbohong atau tidak. Hal ini juga secara alamiah dilakukan seseorang dalam menatap mata orang lain ketika berbicara.

Anda juga dapat mengetahui jika seseorang berbohong atau jujur lewat gerakan matanya saat sedang berbicara dengan anda.

Jika ia jujur, maka dia akan dengan tenang dan santai fokus menatap mata anda ketika berbicara. Jika ia berbohong, maka sebaliknya, gerakan matanya akan terlihat tidak tenang bergerak ke kiri dan kanan dan hal tersebut menandakan bahwa ia sedang memikirkan sesuatu untuk menemukan cara atau alasan untuk berbohong.

Selain itu, gerakan mata yang tidak fokus juga menandakan bahwa orang tersebut menyembunyikan sesuatu.

2. Menyeka Hidung

Banyak penelitian menyebutkan bahwa orang yang berbohong sering melakukan beberapa  gerakan kecil untuk menutupi kegelisahannya, salah satunya adalah menyeka hidung.

Bahkan seorang pakar psikologi pernah menyebutkan bahwa secara alamiah seseorang akan merasa gatal di beberapa bagian tubuh seperti hidung, leher dan lainnya ketika sedang berbohong.

Perhatikan jika lawan bicara anda sesekali menyeka hidung saat berbicara dengan anda.

3. Gerakan Tangan Tak Beraturan

Saat seseorang sedang berbohong, biasanya mereka melakukan beberpa gerakan tubuh yang menandakan sikap gelisah, tidak tenang dan gugup, seperti dalam gerakan tangan yang tak beraturan.

Gerakan tangan ini biasanya berupa meremas-remas tangan maupun menyentuh barang atau benda di sekitarnya. Cara ini dia lakukan untuk menutupi kegelisahannya karena biasanya orang yang berkata jujur tidak akan khawatir dengan apapun.

4. Ekspresi Marah

Ekspresi marah adalah salah satu tanda seseorang yang berbohong ketika anda dan dia berada dalam situasi pertengkaran.

Saat dicerca dengan beberapa pertanyaan yang sebenarnya merupakan pertanyaan ringan dan dapat dengan mudahnya dijawab, orang yang berbohong biasanya langsung cepat marah dan berekspresi dengan agresif.

Hal ini biasanya dilakukan karena ia tahu bahwa pertanyaan-pertanyaan kecil ini dapat menguak kebohongannya.

5. Menggaruk Leher

Seperti halnya menyeka hidung dan mengerakkan tangan dengan gelisah, menggaruk leher tertutama leher belakang juga merupakan salah satu gerakan kegelisahan seseorang yang berbohong.

Biasanya mereka akan sesekali menggaruk leher saat sedang mengutarakan sesuatu kepada anda.

6. Ragu-Ragu

Seseorang yang berkata jujur tentu tidak memiliki beban dalam berbicara. Sedangkan seseorang yang berbohong biasanya lebih sering terlihat ragu ragu saat berbicara, bahkan mengulang beberapa hal yang sama namun dengan beberapa kata atau konteks yang berbeda.

***

Itulah 6 tanda seseorang sedang berbohong. pada anda Jadikan beberapa kejadian dibohongi menjadi pelajaran agar tidak terlalu mudah percaya dengan seseorang. Semoga bermanfaat.