Loading...

5 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fashion, Wanita

TERUSKAN.COM – Membeli produk perawatan kulit tidak sama seperti membeli sepatu atau pakaian. Membeli produk kecantikan diperlukan peninjauan lebih untuk mengetahui kosmetik yang cocok untuk digunakan.

Terlebih untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, pemilihan produk sangat penting. Anda dapat meminta beberapa rekomendasi dari teman mengenai produk apa yang baik atau melihat reviewnya  pada media online mengenai produk yang Anda inginkan dan telah digunakan beberapa orang.

Memilih Produk Perawatan Kulit

Loading...

Meskipun begitu, diperlukan hal lain untuk memilih jenis produk perawatan kulit yang tepat, yang dapat Anda simak pada artikel di bawah ini.

1. Ketahui Jenis Kulit

Setiap manusia memiliki berbagai jenis kulit yang berbeda-beda. Mulai dari tekstur kulit seperti kulit wajah yang memiliki jenis kulit tebal dan tipis.

Contohnya untuk kulit tipis, kulit tipis umumnya akan terasa lebih halus tetapi juga rentan terhadap masalah kulit.

2. Masalah Kulit

Setelah mengetahui tekstur kulit, Anda dapat mencari tahu masalah kulit apa yang dialami, karena setiap masalah kulit memiliki solusi yang berbeda-beda. Beberapa masalah kulit seperti berjerawat, komedo, berminyak, dan kusam.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki kulit berjerawat, Anda sebaiknya memilih produk yang memang fokus untuk mengatasi masalah jerawat dan menggunakan beberapa tahap perawatan seperti sabun pencuci wajah, scrub, lotion, dan toner.

3. Lakukan Tes Patch (Pengujian)

Setelah Anda memilih produk yang diinginkan, pastikan Anda memeriksa kecocokan produk tersebut dengan melakukan  tes patch. Hal ini harus dilakukan sebelum Anda membeli produk tersebut.

Beberapa toko biasanya menyediakan sample untuk produk yang dipilih untuk melihat apakah produk tersebut dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit Anda atau tidak. Untuk pengujian biasanya disarankan untuk dilakukan di belakang telinga.

4. Bahan Dari Produk

Untuk perawatan wajah sebaiknya Anda menggunakan produk yang terbuat dari bahan alami, namun untuk scrub dan lotion mungkin akan sedikit sulit untuk membuatnya di rumah.

Untuk scrub dan lotion, perhatikan bahan pembuatan dari lotion dan scrub itu sendiri. Pilih lotion atau scrub yang memiliki komposisi berbahan ringan. Jika memungkinkan, pilih produk yang memiliki kandungan vitamin dari buah dan susu yang akan membantu kesehatan kulit.

5. Efek Dari Produk

Perhatikan kombinasi bahan dari produk yang akan dipilih. Ada beberapa jenis bahan efektif seperti susu, lemon, minyak dan produk sejenis lainnya. Selain ini, sedikit kandungan alkohol dan asam salisilat juga penting.

Jadi memilih produk sebaiknya perhatikan melalui komposisi apa saja yang dikandung dari produk tersebut. Anda juga perlu mencari tahu tentang efek samping apa saja yang mungkin ditimbulkan oleh kandungan bahan tersebut.

**

Demikian beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli produk khususnya produk kecantikan. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, sangat penting untuk memperhatikan segala detail dari produk mengingat kulit wajah sensitif lebih rentan terhadap beberapa masalah kulit.

Semoga bermanfaat.