Loading...

Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Untuk Cegah Keriput

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Keriput mungkin adalah salah satu tanda penuaan pada kulit yang sangat ditakutkan oleh para wanita. Walau semua wanita pasti mengalaminya, namun saat ini banyak dari kita yang berupaya untuk mencegahnya timbul dengan cepat.

Itulah yang disebut dengan mencegah keriput, yaitu usaha untuk mencegah munculnya garis-garis pada wajah terutama pada bagian-bagian yang sering timbul keriput seperti dahi, bagian luar mata, atas bibir hingga garis senyum yang disebut dengan smile lines.

Makanan Pencegah Keriput

Loading...

Saat ini kita dapat menjumpai banyaknya usaha perawatan kecantikan wajah yang dikhususkan untuk mencegah keriput. Selain itu, banyak juga produk kosmetik yang tidak hanya menawarkan hasil untuk menutupi keriput yang mulai muncul, namun juga merawat kulit wajah agar keriput dapat berkurang dan wajah bertambah kencang.

Beberapa usaha di atas memang patut dicoba, meskipun demikian tetap harus ditunjang perawatan dari dalam, yaitu dengan mendapatkan asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, yang juga dapat mencegah timbulkan kerutan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mencegah timbulnya keriput, menbuat kulit wajah kencang dan bercahaya.

1. Minyak Zaitun

Khasiat minyak dari buah zaitun yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Tak terhitung jumlah produk perawatan kecantikan bahkan kosmetik dan produk sehari-hari lainnya yang mengandung minyak zaitun yang dikenal memiliki manfaat besar bagi tubuh, terutama kulit wajah.

Perlu diketahui bahwa penyebab keriput terbesar adalah paparan sinar matahari atau yang disebut dengan photoaging. Sebuah penelitian di Perancis menyebutkan bahawa minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari

Tingkatkan konsumsi minyak zaitun pada makanan anda, sebagai pengganti jenis minyak lain yang anda gunakan untuk memasak, sebagai campuran tepat untuk salad anda hingga digunakan langsung pada kulit sebagai pengganti pelembab.

2. Wortel dan Tomat

Dua jenis buah dan sayuran ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga kesehatan kulit wajah.

Wortel yang mengandung beta karoten dan tomat yang mengandung likopen diketahui dapat melindungi kulit dari penuaan dini dan juga dan juga untuk terhindar dari kerusakan sel kulit bahkan memperkecil risiko kanket kulit yang tentu sangat tidak diharapkan terjadi.

Konsumsi kedua makanan bermanfaat ini secara rutin. Amda dapat mengolahnya sebagai jus, menambahkannya dalam salad anda, sebagai camilan sehat hingga bahan alami pembuat produk perawatan kulit.

3. Jeruk

Jeruk yang dikenal sebagai buah lezat ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menegah timbulnya kerutan. Bagaimana bisa?

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi vitamin C memiliki lebih sedikit kerutan pada kulitnya.

Vitamin C juga dikenal untuk membantu dalam pembentukan kolagen yang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang, halus dan kenyal. Karena jeruk mengandung banyak vitamin C, jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk kulit wajah.

Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi beberapa buah dan sayuran sumber vitamin C lainnya seperti kiwi, stroberi dan brokoli.

4. Biji Bunga Matahari

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi asam linoleat memiliki kulit yang lebih lembab dan tidak mudah kering. Asam linoleat sendiri merupakan asam lemak yang dapat membantu mencegah proses penuaan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

Biji bunga matahari memiliki banyak kandungan asam linoleat yang tentu dapat membantu mencegah keriput. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk kuaci atau dalam salad anda.

5. Salmon

Ikan salmon dikenal kaya manfaat terutama kandungan omega 3-nya  sebagain nutrisi yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Konsumsi ikan salmon secara rutin atau dalam menu diet anda untuk manfaat yang besar pada tubuh dan kulit.

***

Kulit yang sehat, kencang, dan bercahaya serta senantiasa lembab dapat membantu mencegah timbulnya keriput. Jadi, tunggu apa lagi? Konsumsi 5 makanan tersebut dan dapatkan kulit sehat nan bercahaya!