Loading...

Yuk, Buat Sendiri Eyeshadow Anda!

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fashion, Resep, Wanita

TERUSKAN.COM – Bagi sebagian besar orang, penampilan luar memang menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Karena itu, saat ini banyak orang khususnya para wanita lebih mengutamakan penampilan mereka untuk memberikan kesan indah.

Selain perawatan tubuh melalui olahraga dan diet seimbang, riasan wajah yang sempurna juga menjadi hal penting.

Untuk mempercantik wajah, beberapa wanita mempercayakannya pada kosmetik. Misalnya saja eyeshadow. Menonjolkan riasan mata akan mempertegas bentuk mata dan memperindah wajah.

Loading...

Yuk, Buat Sendiri Eyeshadow Anda!

Ada banyak merek dan jenis eyeshadow yang bisa Anda temukan di pasaran, namun tak ada yang menjamin keamanannya. Dan membuat eyeshadow sendiri tidak begitu sulit lho!

Nah, berikut kami berikan 3 cara membuat eyeshadow sendiri. Selamat mencoba!

Cara 1. Menggunakan Bubuk Garut

Bahan-bahan yang digunakan diantaranya ialah bubuk garut dan shea butter (sebagai bahan dasar), bubuk kakao, pala, bubuk bit kering, allspice dan kunyit (Anda bisa menggunakan kombinasi dari setiap bahan-bahan ini).

Cara membuat :
Campurkan tepung garut dengan 1/4 atau 1/2 sendok teh shea butter lalu campur dengan menggunakan sendok hingga membentuk krim. Penggunaan shea butter akan membuat eyeshadow terlihat mengkilat dan basah.

Anda juga dapat menggunakan tepung maizena jika Anda memiliki alergi pada tepung garut. Tetapi jika Anda merasa tidak ada masalah, akan lebih baik jika Anda menggunakan tepung garut untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Untuk menambahkan warna yang berbeda pada eyeshadow, Anda dapat menggunakan bahan-bahan berikut:

1. Cokelat muda
Jika Anda ingin membuat eyeshadow berwarna coklat muda, Anda dapat menggunakan setengah sendok teh bubuk garut bersama dengan satu sendok teh bubuk coklat dan 1/4 hingga 1/2 sendok teh shea butter.

2. Cokelat Keemasan
Untuk mendapatkan eyeshadow berwarna coklat keemasan, ambil setengah sendok  teh bubuk garut , 3/4 sendok teh pala dan seperempat hingga setengah sendok teh kunyit dan shea butter.

3. Mauve  
Jika Anda ingin mendapatkan warna mauve, tambahkan setengah sendok teh bubuk garut , 3/4 sendok teh allspice, bubuk bit kering dan 1/4 sendok teh bubuk coklat dan shea butter.

4. Pink pucat
Sedangkan untuk mendapatkan warna pink pucat, tambahkan setengah sendok teh bubuk garut dan bubuk bit  yang dikeringkan, 1/8 sendok teh bubuk coklat dan 1/2 sendok teh shea butter .

Cara 2. Menggunakan Alas Bedak

Cara lain yang lebih sederhana untuk membuat eyeshadow di rumah yaitu dengan menggunakan alas bedak , bedak binder dan mika pigmen.

Bahan yang digunakan: Alas bedak (foundation), bedak binder dan pemberi warna. Anda dapat dengan mudah menemukan bahan ini di setiap toko kosmetik.

Cara membuat:

Campurkan seluruh bahan ke dalam satu wadah. Setelah itu tambahkan bubuk pengikat. Untuk takaran, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan warna yang Anda inginkan.

Cara 3. Menggunakan Pewarna

Bahan yang digunakan: tempat eyeshadow, pemberi warna, alkohol 91 persen, spatula berukuran kecil yang digunakan untuk makeup, sepotong kecil kain katun, pemberat buku, wadah kecil.

Cara membuat:

Masukkan 4 sampai 5 sendok pewarna ke dalam wadah. Kemudian tambahkan sekitar 3/4 dari alkohol ke dalam pewarna dan campur hingga tercampur rata dan tidak berair. Tuang campuran ke tempat eyeshadow yang telah dibersihkan dan biarkan mengendap dan kering selama satu jam.

Setelah satu jam, ketika campuran telah kering, tempatkan sepotong kain di atasnya dan tekan. Setelah itu gunakan pemberat buku yang diletakkan di atasnya dan biarkan selama 4 jam. Dan eyeshadow siap untuk digunakan.

Membuat eyeshadows di rumah melalui metode yang berbeda akan menjadi pengalaman baru dan menyenangkan bagi Anda. Lakukan tes alergi terlebih dahulu pada bahan yang digunakan unyuk menghindari terjadinya alergi.