Loading...

Penyebab Kanker Kulit dan Cara Mengatasinya

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Ada sebuah pepatah lama yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal yang sama berlaku pula untuk mencegah kanker kulit. Cara yang tepat dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker kulit.

Banyak metoda yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terkena kanker kulit, bahkan beberapa cara tersebut dapat Anda masukkan ke dalam jadwal rutinitas sehari-hari.

Cara Mengatasi  Kanker Kulit

Loading...

Kanker kulit menjadi masalah yang  sangat umum terjadi pada puluhan ribu orang setiap tahunnya. Kanker kulit dapat terjadi karena banyak faktor. Nah, untuk mengatasi atau menghindarinya juga dapat Anda lakukan dengan banyak cara.

Penasaran? Silahkan simak artikel di bawah ini.

Penyebab Kanker Kulit

 Salah satu alasan utama kanker kulit yaitu karena paparan sinar ultra violet matahari yang berlangsung untuk waktu yang lama. Faktanya, terkena sinar ultra violet memang dianggap sebagai penyebab utama penyakit ini, khususnya di Amerika.

Meskipun demikian, masih banyak  faktor lain yang mungkin saja menjadi penyebab kanker kulit misalnya saja kerena lingkungan, atau karena genetika.

Faktor genetika memang sulit umtuk ditolak, tetapi beberapa faktor penyebab kanker kulit seperti lingkungan, jenis makanan yang dikonsumsi atau terkena paparan sinar UV, dapat diminimalisir bahkan dicegah dengan cara yang aman dan tepat.

Cara Mencegah Kanker Kulit

Pencegahan yang tepat dapat Anda lakukan untuk menghindari kanker kulit seperti beberapa tips berikut yang akan kami bagikan pada Anda.

1 . Jauhkan Kulit Dari Sinar Matahari Langsung

Cobalah untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada kulit pada jam 10 pagi sampai 4 sore karena sinar ultra violet yang kuat ada pada jam tersebut.

Selain itu, tidak disarankan untuk Anda mengunjungi resort ski atau pantai pada jam tersebut karena air dan pasir akan lebih banyak memantulkan sinar ultra violet.

2 . Lindungi Kulit

Jika Anda benar-benar harus pergi saat sinar matahari begitu teriknya, pastikan bahwa Anda telah melindungi kulit Anda dengan benar.

 Anda dapat memakai celana panjang dan baju berlengan untuk melindungi tubuh. Sedangkan untuk kulit wajah, Anda dapat menggunakan topi. Topi tidak hanya akan melindungi wajah Anda, tetapi leher dari sinar ultra violet yang berbahaya.

3 . Gunakan Sunscreen

Sudah menjadi keharusan untuk Anda menggunakan sunscreen atau sunblock setiap akan keluar untuk waktu yang lama. Gunakan sunscreen yang mengandung sun protection factor (SPF) tidak kurang dari lima belas. Pastikan bahwa Anda telah membaca manfaat apa yang diberikan produk tersebut sehingga Anda dapat mendapat manfaat yang maksimal.

Penting untuk Anda ingat di sini,  memakai tabir surya tidak berarti bahwa Anda telah kebal dari sinar ultra violet. Anda masih harus berhati-hati terhadap paparan sinar matahari langsung. Oleskan kembali tabir surya setiap 3-4 jam untuk mendapat perlindungan maksimal.

4 . Gunakan Kacamata Hitam

Sebelum Anda membeli sepasang kacamata, pastikan bahwa kacamata yang Anda pilih memberikan perlindungan terhadap sinar ultra violet dan dapat menjaga mata Anda lebih aman dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Banyak kacamata hitam yang tersedia di pasaran yang dapat menawarkan perlindungan hingga 99-100% dari sinar ultra violet.

Beberapa orang menganggap kacamata hitam lebih memberikan perlindungan dari sinar matahari, tetapi pernyataan tersebut belum dapat dipastikan. Pada lensa kacamata terdapat bantuan bahan kimia yang digunakan untuk menolah sinar ultra violet karena itu, pada kacamata transparanpun bisa saja melindungi Anda dari sinar ultra violet.

5 . Hindari Tanning Bed

Ada kesalahpahaman yang menyatakan menggunakan tanning bed dapat membantu menghindari dari sinar ultra violet. Perlu untuk Anda ingat bahwa meskipun produk ini mungkin tampak berguna namun hanya untuk jangka pendek.

Untuk penggunaan dalam jangka panjang, tanning bed tidak dapat memberikan perlindungan seterusnya. Itulah sebabnya praktisi kesehatan menyarankan untuk tidak terlalu menaruh harapan lebih.

**

Demikian beberapa tips dan penyebab terjadinya kanker kulit. Jika Anda melakukan tindakan yang tepat dan benar maka akan melindungi kulit Anda dari kanker kulit dan secara signifikan akan mengurangi resiko berkembangnya penyakit mengerikan ini.

Selain itu, gaya hidup sehat, diet seimbang dan menghindari paparan sinar matahari pada waktu yang tepat juga dapat membantu menghindarkan dari terkena kanker kulit.

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan rutin untuk kesehatan kulit karena akan lebih baik jika masalah kulit yang Anda alami terdeteksi lebih awal.

Semoga bermanfaat.