Loading...

Mengenal Beragam Gangguan Karakter

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Mengenal Gangguan KarakterTERUSKAN.COM – Gangguan kepribadian dan karakter tidaklah sama. Kepribadian kita mendefinisikan gaya kita dalam berinteraksi, sementara karakter kita ditentukan oleh tingkat kesadaran sosial dan kebaikan dalam kepribadian kita.

Ketika ciri kepribadian atau karakter menghadirkan hambatan utama untuk berfungsi dengan cara yang sehat, mereka mungkin merupakan gangguan.

Gangguan Kepribadian

Pertama-tama, memiliki gangguan karakter tidak sama dengan memiliki gangguan kepribadian, meskipun banyak (termasuk ahli kesehatan mental) keliru dalam menggunakan kedua istilah tersebut.

Loading...

Dilansir dari Counseling Resource, kata ‘kepribadian’ berasal dari kata Yunani ‘persona,’ yang berarti topeng. Dalam teater kuno, pria memainkan semua peran, termasuk peran karakter wanita. Juga, seni mendramatisir situasi dan menyampaikan emosi itu tidak berkembang seperti saat ini. Jadi, pelaku menggunakan topeng dari berbagai jenis untuk menunjukkan jenis kelamin serta untuk menekankan berbagai bentuk emosional.

Teori klasik psikologi meminjam istilah ‘persona’ karena dikonseptualisasikan sebagai “topeng” sosial seseorang. Secara tidak sadar menempatkan untuk menyembunyikan dan melindungi dengan lebih otentik tetapi lebih rentan “diri sejati.”

Definisi yang lebih modern dan mungkin lebih akurat dari kepribadian adalah “gaya” unik dari interaksi dengan orang lain dan dunia pada umumnya yang diadopsi seseorang dari waktu ke waktu.

Kepribadian seseorang, oleh karena itu, didefinisikan oleh kebiasaan dalam cara mereka melihat hal-hal dan cara yang relatif dapat diprediksi tentang hubungan mereka. Kecenderungan biologis, temperamen, dan faktor lingkungan, dan predisposisi pikiran, semua berkontribusi terhadap gaya unik dalam berinteraksi, yang relatif tidak berubah di berbagai macam situasi.

Gangguan Karakter

Kata ‘karakter’ berasal dari kata Perancis dan Yunani yang berarti mengukir tanda khusus. Kata tersebut telah digunakan untuk menunjukkan ciri-ciri yang paling membedakan seorang individu sebagai suatu pribadi.

Sebagian besar terutama, istilah telah digunakan untuk mencerminkan aspek-aspek kepribadian seorang individu yang menunjukkan sejauh mana ia atau ciri-ciri kepribadiannya mencerminkan kualitas yang diinginkan sosial seperti pengendalian diri, etika, loyalitas, keberanian, dll.

Istilah ‘karakter’ umumnya mengacu pada sejauh mana ciri seseorang dan kesadaran sosialnya.

Setiap dari kita memiliki ciri-ciri kepribadian yang berbeda. Hanya saja ketika sifat-sifat ini mengelompok dalam keduanya dan intensitas yang membuat sulit bagi seseorang untuk berfungsi adaptif, hal tersebut dianggap sebagai gangguan kepribadian.

Demikian pula , kita semua memiliki karakter yang merefleksikan karakter kita. Ketika sifat-sifat mengelompok dan intensitasnya menyebabkan kita berfungsi secara tidak bertanggung jawab, kita katakan bahwa seseorang mungkin memiliki gangguan karakter.

Beberapa tipe kepribadian terkenal digambarkan sebagai neurotik, setidaknya untuk beberapa derajat. Artinya, gaya mereka berinteraksi dengan orang-orang ini sebagian besar dipengaruhi oleh ketakutan, rasa tidak aman, dan pertahanan mereka untuk melindungi diri dari rasa sakit emosional.

Psikologi tradisional agaknya sesuai, tidak hanya untuk menjelaskan tipe kepribadian ini, tetapi juga untuk membantu kepribadian seperti berkaitan dengan masalah emosional yang belum terselesaikan.