Loading...

Tips Mencegah Kerusakan Kulit Sejak Dini

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Tips Mencegah Kerusakan Kulit Sejak DiniTERUSKAN.COM – Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Matahari menyebabkan sebagian besar kerusakan kulit pada kulit Anda. Merokok, minum alkohol terlalu banyak, suhu ekstrim, dan sejumlah bahan kimia berbahaya dan polutan di udara luar juga dapat merusak kulit.

Stres kronis adalah penyebab iritasi kulit lainnya, yang dapat membuat kulit Anda sangat reaktif dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Kurang tidur membuat kulit Anda bengkak dan pucat, serta menonjolkan lingkaran hitam di bawah mata. Dan pola makan yang buruk dapat membuat kulit Anda terlihat pucat, terlalu kering, atau bahkan terlalu berminyak.

Loading...

Untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi resiko kerusakan lebih lanjut pada usia paruh baya, Tina Alster, MD, profesor dermatologi klinis di Georgetown University, merekomendasikan regimen berikut:

1. Gunakan krim pembersih.

Pilih krim pembersih yang tidak terlalu kering atau kasar. Banyak orang yang memiliki kulit berminyak menggunakan produk yang terlalu menyebabkan kulit kering, yang mengirimkan sinyal ke kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak dan menciptakan lingkaran setan kekeringan dan kulit berminyak.

Membersihkan kulit tanpa harus membuatnya kering akan menjaganya tetap stabil dan mengurangi resiko iritasi.

2. Ikuti dengan pelembab yang mengandung tabir surya di siang hari.

American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan tabir surya setiap hari dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 15. Carilah produk “spektrum luas” yang melindungi terhadap UVA dan UVB.

Makeup atau foundation yang mengandung tabir surya seringnya tidak perlu diterapkan tebal atau cukup merata untuk memberikan perlindungan yang memadai.

3. Pada malam hari, oleskan produk anti-penuaan.

Bahan aktif yang harus dicari dalam produk tanpa resep termasuk glikolat, askorbat, atau asam retinoat (dikenal sebagai retinol dalam produk OTC). Alster merekomendasikan menggunakan salah satu atau dua dari produk ini secara alternatif di malam hari untuk membantu pergantian kulit lebih teratur.

“Hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin mencegah penuaan lebih lanjut adalah dengan memakai tabir surya,” kata Alster. “Matahari menghancurkan jaringan elastis, meningkatkan replikasi sel jahat, dan menyebabkan kanker kulit.”

Jika Anda ingin membalikkan tanda-tanda penuaan, Alster mengatakan produk tanpa resep hanya bisa membawa Anda sejauh ini, dan itu berlaku untuk wajah serta produk-produk anti-selulit. “Krim selulit tidak bekerja,” kata Alster.

Krim resep anti-penuaan yang mengandung agen antioksidan atau pengelupasan, seperti glikolat dan asam retinoat, akan memberikan hasil yang lebih baik tetapi dapat meningkatkan sensitivitas terhadap matahari.

Peningkatan yang paling dramatis dari kulit yang sudah rusak akan membutuhkan perawatan laser atau perawatan kosmetik lainnya yang tersedia dari dokter kulit atau ahli bedah plastik.

Alster mengatakan orang cenderung menghabiskan banyak uang pada produk mahal tanpa resep yang membuat klaim liar anti-penuaan dan kemudian gagal. Dia mengatakan bahwa uang tersebut akan lebih baik jika dihabiskan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk evaluasi profesional produk dan perawatan apa yang paling tepat untuk jenis kulit dan tujuan Anda.