Loading...

6 Tips Mengatasi Kulit Kering Dan Gatal

Penulis: Nila Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Setelah melalui beberapa aktivitas di luar ruangan, terkena lalu lintas dan gangguan lainnya, sangat tepat bagi anda untuk kembali ke rumah, bersantai dan menenangkan diri bersama keluarga tercinta.

Namun perlu diwaspadai bahwa beberapa aktivitas yang telah anda lakukan selama satu hari penuh adalah faktor pemicu kondisi kulit anda mengalami beberapa gangguan seperti kering dan gatal.

Mengatasi Kulit Kering Dan Gatal

Loading...

Pada beberapa orang yang mempunyai kondisi kesehatan kurang prima, kulit kering bisa berkembang menjadi keadaan sakit kulit yang cukup parah seperti eksim atau dermatitis.

Bagaimanakah cara mencegah atau mengatasi kulit kering dan gatal supaya tidak terlanjur sakit? Berikut 6 tips penting yang wajib anda ketahui sejak dini agar terhindar dari masalah kulit kering dan gatal.

1). Mandi air hangat

Apabila kondisi kulit anda kering, mandilah dengan memakai air hangat – hangat kuku. Aturlah suhu panas air dan jangan terlalu lama berada di kamar mandi.

Ahli perawatan kulit merekomendasikan bahwa mandi dengan air hangat dan mandi yang berlangsung tidak terlalu lama yaitu antara 5 hingga 10 menit akan membuat kondisi kulit anda sehat.

2). Sabun lembut

Cucilah kulit anda dengan memakai sabun pembersih yang bertekstur lembut ketika mandi. Pilihlah sabun mandi tanpa aroma dan tidak mengandung produk – produk deodoran atau aditif antibakteri yang justru bisa membuat kulit anda menjadi keras.

Pertimbangkan juga memakai pembersih yang cukup mengandung ceramides, yaitu molekul lemak yang ampuh untuk membentuk penghalang bagian luar kulit anda dimana zat – zat ini menolong memegang dan menumbuhkan kelembaban serta dapat menjaga keremajaan kulit.

3). Bercukur

Mencukur bulu – bulu rambut pada kulit bisa menyebabkan terjadinya iritasi terutama terhadap kulit kering dan sensitif. Pilihlah waktu terbaik untuk bercukur yaitu setelah anda mandi, rambut atau bulu akan menjadi lebih lembut dan lentur sehingga anda lebih mudah untuk mencukurnya.

Gunakanlah krim cukur atau gel, dan ketahui teknik bercukur yang benar yaitu ke arah rambut tumbuh untuk memberi perlindungan terhadap kondisi kesehatan kulit anda.

Pastikan pisau cukur dalam keadaan tajam. Pada umumnya, pisau cukur menjadi berkurang ketajamannya setelah beberapa kali pemakaian. Pisau cukur yang kurang tajam bisa menimbulkan iritasi tambahan. Sering – seringlah mengganti pisau cukur anda dengan yang baru.

Apabila bermaksud memakai pisau yang lama, rawatlah pisau tersebut dengan cara merendamnya di dalam alkohol untuk membersihkan dari kotoran, karat atau kuman – kuman penyakit.

4). Lindungi dari cahaya matahari

Matahari merupakan salah satu penyebab utama pemicu kondisi kulit kering, keriput dan kusam. Anda bisa membantu mencegah kerusakan tersebut dengan cara menggunakan spektrum luas SPF 30 tabir surya terutama ketika musim panas tiba.

Usahakan  berpakaian tepat sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas tidak sehat yang banyak terdapat di lingkungan sekitar kita. Dalam keadaan cuaca panas, pastikan anda selalu berpakaian tipis untuk mencegah overheating dan berkeringat berlebihan. Ke-dua kondisi tersebut bisa mengiritasi kulit anda.

Untuk mencegah timbulnya kondisi kulit semakin kering dan bibir pecah – pecah di musim dingin, pakailah lip balm dengan tabir surya SPF 15, syal atau topi jika sedang berada diluar rumah.

Pada waktu musim panas, pakailah baju lengan panjang saat anda keluar dari rumah sehingga terhindar terkena sinar matahari langsung. Anda juga dapat memakai topi bertepi lebar 2 inci yang berfungsi menaungi leher, telinga, dan mata.

5). Ikuti aturan moisturizing

Moisturizing bisa menenangkan kulit kering anda, pakailah minyak mineral, krim favorit dan lotion.

Pakailah pelembab yang mengandung shea butter, ceramides, asam stearat, atau gliserin, dimana semua pelembab tersebut kaya akan kandungan gizi tinggi buat membantu anda menjaga kesehatan kulit, jika anda konsisten memakainya.

Cucilah wajah dengan cairan pembersih non sabun, pilih yang mengandung ceramide untuk melindungi lapisan kulit terluar dari kondisi kekeringan. Selanjutnya oleskan pelembab secara tipis dan merata pada kulit wajah anda. Juga penting buat melembabkan tangan setiap kali anda selesai mencucinya sehingga kelembaban tangan anda tetap terjaga.

Perawatan selanjutnya dapat menggunakan krim tabir surya dengan SPF 30 guna memperoleh tambahan perlindungan matahari, anda juga dapat memakai pelembab tabir surya dalam bentuk lain seperti salep, krim, gel, atau semprotan.

Di antara semuanya, disarankan untuk memilih krim sebagai media perlindungan paling ampuh untuk memerangi kondisi kulit kering.

6). Melembabkan di musim dingin

Dingin dan udara kering merupakan penyebab umum timbulnya kulit kering, atau kulit yang teriritasi. Pemanas rumah anda mungkin bisa membantu menghangatkan tubuh anda, namun hal ini justru bisa menghilangkan kelembaban udara yang memicu kulit menjadi kering dan gatal – gatal.

Untuk mengembalikan kelembaban kulit yang hilang tersebut, pakailah humidifier di kamar tidur anda, sehingga dengan mudah dapat mengetahui faktor pemicu timbulnya kelembaban itu dan lebih membantu lagi jika kondisinya dapat anda ukur memakai meteran kelembaban yang disebut dengan hygrometer. Ini bertujuan untuk menjaga kelembaban di dalam ruangan tetap sekitar 50%.

**

Demikianlah 6 tips sederhana dalam mencegah dan mengatasi kulit kering disertai rasa gatal – gatal. Semoga bermanfaat.