Loading...

5 Tips Mencegah Kerusakan Mata Akibat Makeup

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Wanita

5 Tips Mencegah Kerusakan Mata Akibat MakeupTERUSKAN.COM – Wanita memang mencintai produk-produk kecantikan. Bahkan, menurut Census Bureau di Amerika Serikat, wanita menghabiskan sekitar $10 miliar per tahun hanya untuk kosmetik, perlengkapan kecantikan dan parfum.

Sementara kita sibuk mencoba untuk mencari produk yang terbaik, kita sering tidak menyadari bahwa beberapa produk ini dapat memberikan dampak lebih berbahaya. Beberapa orang mungkin mengalami masalah mata yang dapat dengan mudah dihindari dengan bersikap proaktif dalam mengambil tindakan perlindungan.

“Mata adalah bagian penting dari kehidupan kita, namun kita tidak begitu menghargainya hingga timbul masalah,” jelas Edward Kondrot, MD, pendiri Healing The Eye & Wellness Center. “Hal ini penting untuk mengambil langkah-langkah pada usia berapa pun untuk membantu melindungi penglihatan Anda. Riasan mata yang dikenakan harus menjadi perhatian ketika bicara mengenai kesehatan mata.”

Loading...

Jutaan wanita mengaplikasikan riasan pada mata setiap hari, atau setidaknya secara teratur. Tapi apa yang mereka mungkin tidak sadari adalah bahwa apa yang mereka lakukan dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang dan jangka pendek. Berikut adalah lima cara dimana riasan mata dapat merusak mata dan cara mencegahnya, dilansir dari SkinInc:

Infeksi Bakteri

Dikenal sebagai konjungtivitis bakteri, ini merupakan salah satu masalah yang paling umum dialami setiap orang berkaitan dengan riasan mata. Hal ini karena bakteri masuk ke makeup.

Untuk menghindarinya, jangan menggunakan makeup lama. Riasan mata harus diganti setiap tiga bulan. Juga, jangan berbagi makeup dengan orang lain, selalu mencuci tangan sebelum menerapkan makeup, dan tidak pernah menggunakan air liur untuk membantu dalam mengaplikasikan maskara.

Logam Berat Beracun

Penting untuk membaca dan memperhatikan label saat memilih makeup mata. Beberapa produk mengandung logam berat yang dapat merusak mata. Hindari riasan mata yang mengandung bahan seperti arsenik, berilium, kadmium, timah, nikel, selenium, dan talium. Carilah makeup yang tidak beracun dan lebih alami. Anda bisa menemukannya di toko makanan kesehatan dan online.

Mata Kering

Riasan mata dapat membantu menyebabkan dan memperburuk mata kering. Untuk membantu menghindari hal ini, jagalah agar tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air, makan banyak buah-buahan dan sayuran, dan menggunakan pelumas alami air mata.

Reaksi Alergi

Penggunaan berulang dari makeup yang sama dapat merangsang tubuh Anda untuk mengembangkan alergi. Berikan mata Anda istirahat dengan mengubah merek dan mengkonsumsi vitamin C untuk mengurangi peradangan.

Bulu Mata Rontok

Makeup yang Anda gunakan untuk membantu menciptakan bulu mata terlihat lebih panjang dapat menyebabkan rontoknya bulu mata. Jagalah bulu mata panjang dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

“Orang tidak harus sepenuhnya menyerah dan berhenti mengenakan riasan mata, jika mereka benar-benar merasa membutuhkannya,” Kondrot menambahi. “Tetapi penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat merusak mata dan kemudian mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan resiko tersebut. Mencegah masalah mata harus selalu menjadi tujuan pertama Anda.”