Loading...

7 Tips Perawatan Area Sekitar Mata

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

7 Tips Perawatan Area Sekitar MataTERUSKAN.COM – Perawatan wajah terutama pada mata memang menjadi salah satu yang dianggap penting, karena kondisi area mata yang tidak terawat dapat membuat penampilan terganggu.

Sebut saja kantung mata, bayangan hitam di bawah mata, mata sembab, lelah hingga kerutan menjadi masalah yang sering dihadapi wanita pada area matanya.

Sebab itu pula muncul berbagai jenis produk perawatan yang dibuat khusus untuk masalah pada area mata, hingga riasan yang dapat menutupi beberapa kekurangan untuk memperbaiki penampilan.

Loading...

Meski begitu, perawatan area mata masih tetap menjadi yang sering diabaikan kaum wanita, karena lebih memilih untuk merawat kulit wajah.

Padahal, area mata yang tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan masalah di area mata muncul lebih cepat dan akan memerlukan penanganan yang lebih berat untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk merawat dan menjaga area sekitar mata Anda tetap cantik:

1. Bahan-Bahan Khusus

Dalam memilih produk perawatan khusus mata, pilihlah yang mengandung bahan-bahan seperti haloxyl, peptida, asam nikotinat, kafein, ceramide, retinol dan pelembab  yang dapat membantu mencegah timbulnya keriput, hingga kantung mata.

Hindari produk dengan bahan yang mengandung minyak karena dapat menyumbat pori-pori kulit area mata.

2. Rawat dengan Lembut

Kulit di sekitar mata tergolong lebih tipis dibandingkan dengan bagian wajah lainnya. Dan karena itulah, rawat area mata Anda dengan lembut.

Usap dengan lembut dan tidak menggosoknya dengan keras saat mengaplikasikan produk perawatan dapat menjaga kulit sekitar mata tidak mudah teriritasi dan terhindar dari efek negatif lainnya.

3. Pertimbangkan Waxing

Teknik waxing merupakan cara untuk menghilangkan bulu-bulu di sekitar alis dan mata. Hindari karena dapat memberi pengaruh buruk pada kondisi kulit di sekitar mata yang tergolong tipis dan lebih rentan terkena iritasi.

Lakukan penghilangan bulu dengan cara lainnnya yang lebih lembut dan gunakan produk khusus untuk mencegah timbulnya iritasi setelah proses tersebut.

4. Gunakan Produk Khusus

Karena area mata sangat sensitif, gunakan produk yang berbeda dari yang biasa Anda gunakan untuk bagian wajah lainnya.

Sabun pencuci wajah misalnya, belum tentu cocok untuk kulit area mata yang sensitif, begitu juga toner dan produk lainnya. Sebaiknya gunakan produk khusus untuk perawatan area sekitar mata.

5. Krim Mata

Penggunaan krim mata sering dianggap tidak terlalu penting bagi sebagian besar kaum wanita, padahal krim mata sangat diperlukan untuk menghindari masalah-masalah yang sering timbul.

Pilih juga krim mata yang mengandung tabir surya untuk mencegah pengaruh buruk akibat sinar matahari.

6. Lakukan Pijat

Saat anda mengaplikasikan milk cleanser atau pembersih wajah dan riasan, pijat pula wajah Anda secara perlahan untuk tetap menjaganya elastis.

Anda juga dapat melakukannya pada area sekitar mata untuk mengurangi bayangan hitam, kantung mata dan juga garis-garis halus.

7. Masker

Perawatan area sekitar mata lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan masker khusus untuk area sekitar mata.

Gunakan masker ini seminggu sekali atau setiap kali dibutuhkan saat Anda memiliki masalah pada area sekitar mata.

***

Tanpa masalah di area sekitar mata, Anda tentunya akan tampak lebih segar dan awet muda.

Semoga bermanfaat!