Loading...

4 Tips Mudah Mendekorasi Rumah Kecil

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Desain

4 Tips Mudah Mendekorasi Rumah KecilTERUSKAN.COM – Salah satu kunci mendekorasi rumah atau apartemen yang berukuran kecil yaitu dengan memanfaatkan sebagian besar dari ruang yang Anda miliki.

Anda dapat menghias dengan cara mengekspresikannya kreativitas dan menyesuaikannya dengan selera pribadi.

Rumah atau apartemen kecil tidak selalu membatasi ruang gerak Anda, karena dengan pemanfaatan yang tepat justru dapat memberikan manfaat.

Loading...

Berikut beberapa tips dan trik agar ruang di rumah kecil Anda terlihat lebih besar dan luas:

1. Minimalkan Jumlah Barang

Musuh dari setiap rumah atau apartemen kecil adalah penumpukan barang yang membuat rumah terlihat dan terasa sesak.

Menyimpan terlalu banyak barang di sekitar ruang tidak hanya membuat frustrasi, tapi juga membuat segalanya tampak lebih sempit.

Langkah awal untuk mendekorasi rumah kecil Anda, mulailah dengan memilah atau mendaur ulang barang-barang apapun yang tidak terlalu penting untuk digunakan. Daur atau sumbangkan barang yang sudah tidak memiliki fungsi lagi dalam rumah Anda.

2. Warna

Setelah memilah barang apa yang sebaiknya disimpan, dan tidak disimpan, maka langkah kedua yang dapat Anda lakukan yaitu memaksimalkan interior rumah dengan menggunakan variasi warna yang sama di seluruh ruangan.

Jangan mengecat setiap ruang dengan warna yang berbeda. Sebagai gantinya, gunakan berbagai nuansa warna yang sama untuk membuat rumah Anda tampak lebih besar dan luas.

3. Pencahayaan

Trik lain ketika mendekorasi rumah kecil adalah membiarkan sebanyak mungkin cahaya masuk ke dalam rumah, baik melalui lampu, cahaya matahari atau dengan memilih tirai ringan yang memungkinkan lebih banyak sinar matahari masuk ke dalam rumah.

Selain itu, cermin juga cara yang tepat untuk memberikan kesan lebih luas dan lebar pada rumah mungil Anda

4. Furnishing

Untuk rumah yang berukuran kecil, bentuk dan ukuran perabotan yang akan digunakan dan diletakkan menjadi hal yang penting untuk dipikirkan.

Memasang lampu di meja membuat ruangan lebih intim. Dan ketika Anda tinggal di sebuah rumah dengan ukuran kecil, Anda pasti menginginkan dapur Anda agar lebih dari sekadar tempat perabot masak-memasak.

Memilih perabotan juga seharusnya didasarkan pada multifungsinya. Misalnya saja meja, pilih meja yang dapat digunakan untuk menyambut tamu, meja sarapan, dan, dengan kain linen, meja makan formal.

Dan gunakan meja-meja kecil, bukannya meja besar yang malah memakan banyak ruang. Mampu untuk memindahkan hal sekitar membuat Anda merasa kurang terikat dan tidak begitu sempit.

Kuncinya adalah tidak menggunakan barang atau perabotan yang berukuran terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil.

Namun, beberapa dekorator akan menyarankan Anda untuk memilih perabot yang berukuran lebih besar karena akan membuat tampilan dekorasi ruang lebih dramatis.

Satu hal lagi, garis pandang Anda akan lurus ke jendela dan ruang di luar jendela, yang membuat ruangan tampak lebih besar. Bijaksanalah dalam mendekorasi teras.

Nah, semoga bermanfaat!

(photo: 4.bp.blogspot.com)