Loading...

7 Solusi Hidup Sehat Di Kota Besar

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Kota merupakan kawasan pemukiman, tempat berkumpulnya rumah-rumah dengan beragam fasilitas, tata ruang dan kehidupan spesifik dari penduduk yang menempatinya secara mandiri.

Suatu tempat dapat dikategorikan sebagai kota jika dilihat dari perbedaan kontras dengan sebuah desa atau kampung berdasarkan ukuran luas daerah, kepadatan penduduk, kepentingan atau status hukum, di mana desa atau kampung lebih banyak didominasi oleh lahan terbuka dengan sedikitnya jumlah pemukiman penduduk.

7 Solusi Hidup Sehat Di Kota Besar

Loading...

Apabila Anda adalah salah seorang penduduk di kota besar, Anda kemungkinan besar terpapar kondisi kurang menyehatkan setiap harinya, seperti polusi dimana-mana, khususnya polusi udara.

Oleh karena itu Anda harus lebih banyak menjaga kesehatan, seperti mengonsumsi makanan sehat atau sering berolahraga.

Di samping itu, sedini mungkin tanamkan kebiasaan menghijaukan lingkungan di sekeliling tempat tinggal Anda dan luangkan beberapa waktu untuk merencanakan sebuah liburan keluarga atau bersama teman, agar tubuh, jiwa dan raga Anda menjadi lebih rileks.

Padatnya rutinitas penduduk di  kota-kota besar, menyebabkan mereka jarang memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya membawa dampak besar untuk hidup sehat.

Nah, berikut kami berikan 7 solusi hidup sehat di kota besar. Simak yuk!

1. Mengenakan Masker

Pakailah masker setiap Anda bepergian keluar rumah, terutama tempat-tempat yang rawan lalu lintas.

Pemakaian masker saat ini sudah berkembang sebagai sebuah media atau kebutuhan penting yang wajib dimiliki oleh mereka yang tinggal di kota-kota metropolitan.

2. Hindari Asap Rokok

Beberapa orang yang tidak suka merokok atau perokok pasif adalah golongan orang yang rentan terhadap risiko kesehatan.

 

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Rumahan

Di kota-kota besar, tak jarang ditemui penjual makanan/minuman olahan yang memakai bahan-bahan berbahaya ke dalam makanan yang mereka jual, dimana tentu saja bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Yang terbaik adalah mengonsumsi makanan yang Anda masak sendiri di rumah.

4. Batasi Konsumsi Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng dengan memakai minyak secara berulang-ulang akan berpotensi menimbulkan lemak trans yang bisa memicu kadar kolesterol jahat. Hal ini tentu berbahaya bagi organ jantung Anda.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Instan

Beberapa warga perkotaan gemar mengonsumsi makanan yang serba cepat atau instan seperti mie.

Beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa terlalu banyak mengonsumsi mie instan dalam jangka waktu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

6. Rutin Berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin, seperti berjalan kaki.

Cobalah bangun lebih awal dan lakukan olahraga ringan selama beberapa menit dan biasakan diri Anda dengan aktivitas tersebut.

7. Mencuci Tangan

Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun setiap selesai beraktivitas.

Selama beraktivitas, beragam kuman, virus dan bakteri mudah menempel di tangan tanpa Anda sadari, sehingga dapat menjadi masalah serius bagi  kesehatan tubuh Anda.

Sesibuk apapun Anda, tetap menjaga dan memperhatikan pola hidup yang sehat adalah penting.

Semoga bermanfaat!

(photo: www.toxout.my)