Loading...

Hilangkan Jerawat dengan Cuka Apel

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Hilangkan Jerawat dengan Cuka ApelTERUSKAN.COM – Cuka apel memang memiliki manfaat yang berlimpah. Penggunaanya konon bahkan melebihi tea tree oil, termasuk menyembuhkan cegukan hingga mengurangi gejala flu.

Dan beberapa orang telah berpaling ke cuka apel untuk membantu melawan diabetes, kanker, gangguan jantung, kolesterol tinggi, dan masalah berat badan.

Tapi bukan itu saja!

Loading...

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa cuka merupakan salah satu perawatan alami yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat.

Ya, cuka adalah bahan pengering alami yang mengandung antiseptik. Sama seperti witch hazel, cuka dapat diterapkan pada kulit setelah pembersihan atau sebagai toner yang akan mengangkat kotoran, membantu menghapus dan menyerap minyak berlebih pada wajah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Beberapa kandungan yang ada pada cuka apel membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Itulah sebabnya mengapa cuka apel dapat dengan cepat membersihkan jerawat dan nodanya dengan cepat dan aman.

Selain membersihkan jerawat, cuka apel juga mengembalikan keseimbangan pH kulit. Namun, karena banyak informasi mengenai penggunaan cuka apel yang dianggap sebagai obat gagal sehingga untuk spesifik pada hasil penggunaan belum dapat dipastikan.

Reaksi dari cuka apel untuk kulit setiap orang berbeda-beda. Ada yang membutuhkan waktu yang lama, ada pula yang mendapatkan hasil yang cepat.

Tidak semua cuka apel sama. Ada cuka apel yang berasal dari penyulingan dan ada juga cuka apel yang dibuat tanpa melalui proses penyaringan atau tanpa filter untuk mengobati masalah jerawat.

Cuka sari apel bisa Anda dapatkan di toko-toko khusus makanan kesehatan dan vitamin yang dapat digunakan untuk berbagai kondisi.

Untuk penggunaan sari cuka apel pada wajah terdapat dua metode berbeda.

1. Metode Eksternal

Opsi pertama adalah dengan menerapkan cuka langsung pada noda wajah dengan menggunakan rasio 1:3. Satu untuk cuka apel dengan tiga perbandingan pada air.

Celupkan bola kapas pada astringent yang telah disiapkan. Setelah itu terapkan langsung pada jerawat  kurang lebih selama 10 menit atau semalam.

Ulangi beberapa kali dalam sehari hingga jerawat mengering  dan pastikan untuk menggunakan pelembab setelah perawatan untuk mencegah kulit terlalu kering yang dapat menyebabkan kelenjar sebum berlebihan dan hanya akan memperburuk wajah Anda.

2. Metode Internal

Cara kedua ialah melalui konsumsi.

Untuk membantu menghilangkan racun dan kotoran dalam aliran darah Anda. Campurkan dua sendok makan cuka dengan segelas air. Minum satu gelas perhari.

Metode-metode ini dapat digunakan secara terpisah atau dikombinasikan untuk hasil yang maksimal.

Namun perlu diingat bahwa meskipun cuka dikemas dengan vitamin, mineral dan memiliki bahan antiseptik alami, tingkat kesembuhan untuk jerawat dapat bervariasi. Sama seperti pengobatan alami, mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga Anda harus lebih bersabar.

Semoga bermanfaat!