Loading...

Penyembuhan Jerawat dengan Pasta Gigi, Efektifkah?

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Penyembuhan Jerawat dengan Pasta Gigi, Efektifkah?TERUSKAN.COM – Saat Anda akan menghadiri sebuah acara khusus atau pertemuan reuni bersama teman-teman, jerawat pada wajah akan membuat Anda berpikir dua kali untuk pergi.

Ya, jerawat sering kali menjadi masalah bagi para wanita.

Jerawat terjadi karena peradangan kulit akibat pori-pori yang tersumbat. Pori-pori tersumbat biasanya akan menyebabkan komedo atau whitehead.

Loading...

Keringat, ketidakseimbangan hormon, produk wajah atau tubuh yang menyumbat pori dan kulit kotor, semuanya dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Jerawat dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada impaksi dari pori-pori. Jerawat juga dapat meninggalkan bekas yang  permanen pada kulit wajah.

Daripada Anda memencet dan mengusap-usap jerawat, mungkin pasta gigi dapat membantu Anda mengatasinya.

Pengobatan dengan Pasta Gigi 

Ada produk dan krim-krim kecantikan yang beredar dipasaran yang dapat membantu menghilangkan jerawat secara instan.

Namun, bagi sebagian wanita menggunakan bahan alami akan lebih aman. Salah satu bahan alami yang dianggap efektif ialah pasta gigi.

Pasta gigi telah lama disebut-sebut sebagai agen pengeringan alami untuk jerawat.  Jika Anda ingin mengeringkan jerawat dengan cepat, pasta gigi menjadi solusi efektif dan murah untuk sekaligus menghilangkan noda jerawat.

Pasta gigi mengandung bahan tertentu – baking soda, hidrogen peroksida, alkohol, mentol, minyak esensial, triklosan – yang menyebabkan jerawat mengering.

Pilih pasta gigi yang bukan berbentuk gel, akan lebih baik lagi menggunakan pasta gigi yang berbahan herbal. Terapkan secara langsung ke jerawat.

Untuk hasil terbaik, dinginkan jerawat terlebih dahulu dengan es batu lalu oleskan pasta gigi sekitar 10 menit sebelum tidur atau biarkan semalaman karena akan mengering dan menarik keluar kotoran pada pori-pori. Saat pagi hari, bersihkan wajah seperti biasa.

Saat jerawat sudah mulai berkurang, kurangi banyaknya penggunaan pasta gigi.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada bahan dalam pasta gigi yang membuat metode ini lebih efektif daripada pengobatan konvensional. Dan waspadai kemungkinan iritasi, pengelupasan dan kemerahan.

Pencegahan Jerawat

Pencegahan selalu menjadi obat terbaik untuk setiap kulit berjerawat. Untuk menghindari jerawat terkena bagian kulit wajah lainnya atau muncul kembali, Anda dapat melakukan langkah-langkah dibawah ini

1. Selalu membersihkan kulit secara menyeluruh sebelum tidur dan saat pagi hari untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

2. Hidari menggunakan makeup saat wajah berkeringat. Selalu mencuci muka dan menghapus riasan wajah terlebih dahulu  untuk menghindari penyumbatan pori-pori.

3. Minum setidaknya delapan gelas air per hari.

4. Lakukan diet sehat dengan buah-buahan dan sayuran segar.

5. Melembabkan kulit. Kulit kering dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak, sehingga menimbulkan jerawat.

6. Gunakan tabir surya SPF.

7. Luangkan waktu. Stres diketahui  sebagai salah satu penyebab jerawat.

8. Perbanyak  minum  teh hijau yang kaya antioksidan.

Untuk menghindarkan diri dari masalah jerawat, rajinlah membersihkan wajah setiap hari. Selain itu lakukan pola hidup sehat untuk menghindari masalah kulit lainnya.

(photo: smartgirltips.com)