Loading...

8 Cara Alami Mengatasi Sakit Selama Perjalanan

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan, Wisata

8 Cara Alami Mengatasi Sakit Selama PerjalananTERUSKAN.COM – Berwisata seharusnya selalu menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Namun ada saat-saat dimana perjalanan wisata yang menyenangkan harus terganggu oleh rasa sakit yang timbul, bahkan secara tiba-tiba.

Beberapa hal yang tidak menyenangkan ini sangat umum terjadi baik selama perjalanan menuju tempat wisata atau saat kita sedang asyik melakukan aktivitas wisata seperti berenang, menyelam, makan malam, bermain di pantai, dan lain sebagainya.

Loading...

Lain halnya jika rasa sakit tersebut timbul saat kita di rumah, saat dalam perjalanan tidak semudah itu menyembuhkan sakit yang datang secara tak terduga.

Jika apotek atau dokter tidak dapat dijangkau dengan mudahnya, munagkin Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami yang juga dapat menyembuhkan rasa sakit tersebut.

Nah, berikut adalah beberapa bahan alami yang berkhasiat menyembuhkan beberapa rasa sakit:

1. Digigit Serangga

Gigitan serangga yang menimbulkan rasa gatal, perih hingga bengkak sangat mengganggu. Anda dapat memanfaatkan tomat untuk menyembuhkannya.

Cukup iris dan tempelkan ke bagian tubuh yang digigit serangga. Tomat akan membantu mengurangi bengkak .

2. Disengat Ubur-Ubur

Bagi anda yang memiliki hobi snorkeling atau diving, ubur-ubur dapat menyengat dan terasa amat perih. Pada beberapa kasus, ubur-ubur yang cukup besar dapat menimbulkan luka serius.

Untuk pertolongan pertama, Anda dapat memanfaatkan cuka dengan cara menuangkan cairan cuka pada kulit yang tersengat ubur-ubur, lalu bilas dengan air garam dan kompres dengan air dingin.

Cara ini dapat membantu mengurangi rasa perih dan juga mencegah luka bakar yang ditimbulkan oleh sengatan ubur-ubur.

3. Rasa Cemas

Liburan dan cemas? Ya, cemas dapat terjadi ketika Anda merasa stress saat menunggu pesawat yang delay misalnya, atau antrian panjang suatu wahana dan lain sebagainya.

Tenangkan diri Anda dengan cara mengonsumsi buah pisang. Pisang dikenal sebagai buah yang dapat membantu mendorong gula darah dan membantu otak memproduksi serotonin, yaitu hormon yang dapat membuat Anda merasa senang.

4. Sariawan

Ouch! Sariawan memang sangat menyebalkan. Larutkan garam dalam air putih dan gunakan untuk berkumur. Walau akan menimbulkan rasa perih, larutan garam dapat membantu menyembuhkan sariawan dengan cepat.

5. Diare

Jika Anda mengalami diare selama perjalanan, tentu sangat tidak menyenangkan karena Anda harus sering pergi ke toilet.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi yogurt yang mengandung antibiotik alami dan juga meningkatkan imun dalam tubuh.

Jangan lupa minum banyak air putih, sebagai pengganti cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

6. Sakit Perut dan Mual

Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, baik makanan atau hal lainnya. Sedangkan mual sering terjadi akibat mabuk perjalanan maupun rasa kembung atau salah makan.

Hal ini dapat diatasi dengan kayu manis yang dapat Anda campurkan dalam teh hangat atau bersama roti bakar.

7. Nyamuk

Keberadaan nyamuk tentu sangat mengganggu karena suara dan gigitannya yang membuat gatal. Terutama jika Anda sedang berkemah di alam terbuka.

Anda dapat menyiasatinya dengan menyiapkan lilin aromaterapi yang berbahan kopi, atau dengan menaburkan bubuk kopi hitam di sekitar Anda.

Bau kopi yang menyengat dapat mengusir nyamuk.

8. Sakit Tenggorokan

Beberapa makanan dan minuman, serta perubahan cuaca memungkinan Anda terkena sakit tenggorokan.

Jahe dapat membantu mengatasinya. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh jahe atau variasi lainnya.

***

Semoga beberapa bahan alami tersebut dapat membantu Anda mengatasi beberapa penyakit yang timbul selama berwisata. Semoga bermanfaat!