Loading...

5 Alasan Mengapa Berorganisasi Itu Menyenangkan

Penulis: Amanda Rubrik: Pendidikan

TERUSKAN.COM – Pernahkan Anda berpikir untuk bergabung dalam suatu komunitas, klub atau organisasi tertentu? Jika tidak, mungkin kali ini Anda harus mempertimbangkan untuk melakukannya.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak komunitas maupun organisasi yang telah berdiri. Tak jarang komunitas atau organisasi tersebut berkembang sehingga memiliki lebih banyak anggota, serta sarat dengan kegiatan yang bermanfaat.

Sebut saja dalam bidang hobi, olahraga hingga sosial, organisai dan komunitas tersebut tentu memiliki visi dan misi sendiri yang dapat terlihat dari program dan kegiatan yang mereka lakukan.

Loading...

5 Alasan Mengapa Berorganisasi Itu Menyenangkan

Nah, berikut ini adalah alasan mengapa bergabung dalam suatu organisasi atau komunitas bisa menjadi hal yang menyenangkan:

1. Bertemu Orang Baru

Jika Anda bergabung dalam sebuah komunitas tertentu, Anda tentu akan bertemu banyak orang, baik orang yang sudah cukup lama bergabung atau anggota baru seperti Anda.

Berteman dengan orang baru dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda, serta membuat anda lebih terampil dalam bersosialisasi.

Para anggota komunitas juga akan sering melakukan kegiatan menyenangkan bersama-sama, di luar pertemuan formal tentunya.

2. Menyalurkan Passion

Mungkin Anda bekerja dalam bidang A, namun sebenarnya passion Anda adalah bidang B. Banyak orang yang memilih untuk bergabung dalam sebuah komunitas karena alasan tersebut.

Bagi Anda yang menyukai alam dan berkebun misalnya, dengan bergabung dengan komunitas lingkungan hidup Anda akan menemukan cara atau tempat untuk melakukan hal-hal yang Anda suka namun tak mudah Anda lakukan karena terbentur waktu dan hal lainnya.

Pilih komunitas yang memiliki kegiatan yang Anda sukai agar Anda dapat melakukannya dengan senang hati.

3. Sumber Ilmu Baru

Jika sebagian besar orang memilih untuk bergabung dalam komunitas dengan latar belakang yang juga serupa dengan yang ia miliki, Anda juga dapat bergabung dalam komunitas yang mungkin memiliki kegiatan yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Hal tersebut dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk menjajal hal-hal baru dan memperkaya wawasan Anda.

4. Belajar Membangun Komunikasi

Jika Anda termasuk seseorang yang lebih senang menyendiri atau tidak percaya diri untuk bersosialisasi dengan orang lain, mungkin bergabung dalam sebuah organisasi atau komunitas justru dapat sangat membantu Anda.

Dengan bergabung, Anda dapat selalu berkomunikasi dengan anggota lainnya sehingga Anda dapat belajar cara membangun komuniasi serta menambah relasi.

Anda juga dapat membangun rasa percaya diri Anda, jika anda diminta untuk menjadi panitia atau ditunjuk menjadi pemimpin dalam organisasi atau komunitas tersebut.

5. Bersenang-senang

Tentu saja, last but not least, bergabung dalam komunitas yang sama dengan hobi dan aktivitas favorit Anda merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Anda dapat melakuan kegiatan-kegiatan positif sehingga waktu luang Anda tidak terbuang percuma.

***

Bergabung dalam sebuah organisasi mungkin tidak sulit, namun menyesuaikan diri mungkin akan membutuhkan waktu.

Pastikan pula anda bergabung dalam organisasi yang memiliki kegiatan positif, terutama yang bermanfaat bagi Anda dan juga orang lain.

Jika organisasi tersebut melakukan hal-hal yang sekiranya tidak sesuai dengan harapan Anda, atau lambat laun mulai terlihat adanya ketidakwajaran, sebaiknya Anda memikirkan kembali apakah sebaiknya anda tetap bergabung.

Semoga bermanfaat!