Loading...

7 Kesalahan Bercukur Yang Harus Anda Hindari

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Wanita

7 Kesalahan Bercukur Yang Harus Anda HindariTERUSKAN.COM – Bercukur adalah cara untuk memperindah dan memperhalus tampilan kulit. Ini biasanya dilakukan pada area wajah, kaki, tangan atau kulit ketiak.

Namun terkadang, tanpa Anda sadari, Anda melakukan kesalahan saat mencukur yang kemudian dapat menyebabkan kulit Anda mengalami ruam, iritasi atau bisa jadi hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Nah, berikut ini adalah 7 kesalahan bercukur yang harus Anda hindari:

Loading...

1. Mencukur Kering

Mencukur kulit dalam keadaan kering adalah salah satu kesalahan cukur terbesar yang mungkin Anda lakukan. Anda dapat melakukannya hanya bila menggunakan pisau cukur listrik. Jika tidak, maka ini adalah salah satu kesalahan bercukur yang harus Anda hindari.

Selalu luangkan waktu untuk bercukur dengan air. Ini akan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi akibat pisau cukur. Hal ini juga dapat menyelamatkan Anda dari timbulnya rasa sakit setelah bercukur.

2. Tidak Menggunakan Gel Atau Krim

Saat akan bercukur, Anda perlu untuk menggunakan gel atau krim cukur. Produk ini merupakan bantuan yang sangat baik untuk kulit Anda.

Penggunaan gel atau krim akan membuat permukaan kulit Anda jadi lebih halus sehingga tidak kasar saat bercukur. Beberapa wanita mengklaim bahwa mereka dapat menggunakan alternatif lain seperti sabun, tapi akan lebih baik jika Anda menerapkan gel atau krim cukur.

Selain itu, beberapa orang juga menganggap bahwa kondisioner rambut dapat bekerja dengan baik sebagai krim cukur.

3. Mengabaikan Exfoliating atau Pengelupasan

Pengelupasan merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Terkadang orang mengabaikan pengelupasan kulit ketika bercukur. Padahal ini juga merupakan langkah awal yang baik dilakukan saat akan bercukur.

Pengelupasan dapat membantu untuk menyingkirkan sel kulit mati, kulit kering dan terkelupas sehingga area tersebut akan memiliki permukaan yang lebih baik dan halus untuk kemudian dicukur.

Anda dapat menggunakan produk pengelupasan seperti scrub gula untuk diterapkan sebelum bercukur.

4. Tidak Mencukur Searah

Disarankan untuk mencukur kulit hanya dengan gerakan satu arah. Jangan melakukannya bolak-balik karena ini akan menyebabkan berbagai masalah seperti benjolan akibat pisau cukur, iritasi dan masalah kulit lainnya.

Cobalah untuk mencukur dengan gerakan dari bawah ke atas.

5. Tidak Menggunakan Pelembab Setelahnya

Kesalahan lain yang banyak orang lakukan adalah tidak menerapkan pelembab setelah bercukur. Menggunakan lotion, body butter atau produk pelembab lain dapat membantu untuk membuat kulit Anda terasa halus dan menenangkan iritasi yang mungkin terjadi setelah bercukur.

Rutin menggunakan produk pelembab akan membantu Anda mencegah kesalahan bercukur karena kulit Anda akan selalu berada dalam kondisi yang lebih baik daripada jika Anda tidak menerapkan pelembab.

6. Tidak Mengganti Pisau Cukur dalam Waktu yang Lama

Ini merupakan kesalahan paling umum yang dilakukan saat bercukur.

Terkadang orang tidak sadar bahwa pisau cukur miliknya telah usang dan berkarat, namun tetap digunakan karena lupa untuk menggantinya. Maka dari itu, sesering mungkin gantilah pisau cukur Anda dengan yang baru.

Seberapa sering Anda perlu mengganti pisau cukur akan bervariasi pada seberapa sering Anda bercukur.

7. Mencukur Terburu-buru

Bercukur dalam keadaan tergesa-gesa pasti memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk membuat kesalahan. Anda akan lebih mungkin untuk melukai kulit sendiri ketika Anda sedang terburu-buru.

Jadi sebaiknya lakukan pada waktu-waktu luang Anda. Sediakan waktu yang cukup untuk Anda melakukan perawatan tersebut. Hal ini tentu saja dapat mengurangi sakit dan derita akibat kesalahan bercukur.