Loading...

Yuk, Buat Sendiri Toner Wajah Anda!

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Resep, Wanita

TERUSKAN.COM – Perawatan kulit wajah yang tepat membutuhkan pembersihan rutin dan pelembab. Namun, toner wajah juga memainkan peran penting untuk memastikan Anda memiliki wajah yang sehat dan bersih.

Tak peduli apakah Anda menggunakan toner buatan sendiri, atau toner merk tertentu yang dijual di pasaran, toner kulit harus dimasukkan ke dalam rejimen harian perawatan kulit Anda – diterapkan dengan bola kapas di antara pembersihan dan penerapan pelembab.

Toner wajah melakukan penyeimbangan penting antara mengontrol minyak berlebih, memurnikan pori-pori dan menyediakan nutrisi anti-penuaan.

Loading...

Yuk, Buat Sendiri Toner Wajah Anda!

Berikut kami berikan resep untuk membuat toner wajah Anda sendiri di rumah:

DIY Toner Wajah dari Kelopak Mawar

Bunga mawar tidak hanya indah dipandang, tetapi juga memiliki aroma manis yang akan membuat perasaan Anda senang dan bahagia.

Karena itu, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan bunga mawar sejak berabad-abad lalu untuk dijadikan sebagai ritual kecantikan atau sebagai bahan dalam produk kecantikan, seperti toner misalnya.

Saat ini sudah banyak toner yang menggunakan bunga mawar karena mengandung astringent ringan yang alami dan dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda, serta sangat nyaman untuk digunakan.

Toner dari mawar atau rosewater juga  membuat wajah terasa lebih lembut dan hampir dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Bahan:

– 2 bunga mawar (ambil kelopaknya saja, dan perkirakan akan cukup untuk satu cangkir). Pastikan untuk membilas kelopak bunga terlebih dulu.
– 2 cangkir air mendidih.
– 1 saringan.
– 1 buah botol atau wadah kaca yang telah  disterilkan (cukup besar untuk menampung 2 cangkir cairan) dengan penutup yang ketat.

Cara membuat:

1. Lepaskan kelopak mawar yang telah dibilas dan letakkan pada panci kecil.

2. Tuangkan dua cangkir air mendidih di atas kelopak mawar dan tutup.  Biarkan air dan kelopak dalam panci hingga mencapai suhu ruangan.

3. Ambil saringan, lalu letakkan diatas wadah kaca untuk menuangkan air dari mawar tadi yang telah mendingin.

4. Setelah itu, simpan ekstrak dari air mawar dalam lemari es kurang lebih sekitar satu minggu.

5. Setelah satu minggu, air mawar siap untuk digunakan pada wajah sebagai toner alami.

DIY Face Toner dari Semangka

Semangka tidak hanya manis untuk dinikmati saat cuaca hangat – tapi juga baik untuk dijadikan toner. Semangka dapat bertindak sebagai exfoliant dan akan membersihkan dan menyelaraskan kulit Anda juga.

Karena semangka dan bijinya sarat dengan segala macam hal-hal yang baik untuk Anda dan kulit Anda (vitamin A, C dan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan melindungi kulit Anda), menjadikannya bahan super untuk toner wajah.

Bahan:

– 1/2 cangkir semangka, dicampur dalam food processor atau blender (termasuk biji)
– 1 sendok makan witch hazel
– 1 sendok makan air suling
– Wadah yang bersih dengan tutup ketat untuk penyimpanan

Cara membuat:

1. Haluskan semangka dalam food processor atau blender (termasuk biji), hingga halus.

2. Masukkan bubur semangka ke dalam mangkuk dan tambahkan dengan witch hazel dan air, aduk rata.

3. Tuang campuran ke dalam wadah yang bersih dengan tutup ketat.

4. Simpan toner dalam lemari es selama beberapa hari.

5. Terapkan toner untuk wajah yang bersih. Biarkan selama beberapa menit, dan kemudian bilas dengan air hangat.

Ingat, sebelum menggunakan toner pada wajah Anda, pastikan Anda melakukan tes terlebih dahulu pada bagian kulit untuk menghindari terjadinya iritasi jika saja kulit wajah Anda sensitif.

Jangan lupa mencuci wajah Anda untuk menghilangkan kotoran atau makeup, setelah itu keringkan, dan terapkan toner pada wajah dengan menggunakan bola kapas.

Selamat mencoba!

(photo: www.sheknows.com)