Loading...

Pengaruh Warna Cat Terhadap Suasana Hati

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Desain

TERUSKAN.COM – Memilih warna yang tepat untuk mengecat ruang tamu atau kamar tidur mungkin tampaknya seperti hal yang sederhana.

Namun, ternyata ada banyak faktor psikologis yang bersembunyi di balik rona warna yang Anda pilih, yang dapat mempengaruhi suasana hati si pemilik rumah, bahkan keadaan ruangan.

Pengaruh Warna Cat Terhadap Suasana Hati

Loading...

Meskipun warna memiliki arti yang berbeda untuk setiap orang, namun ada beberapa aturan universal yang berlaku dari warna itu sendiri. Jadi sebelum mencelupkan kuas Anda ke dalam kaleng cat, pertimbangkan ‘mood‘ apa yang ingin Anda rasakan.

Nah, berikut kami bagikan beberapa warna yang dapat mempengaruhi suasana hati , dilansir dari SheKnows:

Merah

Sebagian besar orang mengasosiasikan warna merah dengan cinta dan sensualitas. Jadi kebanyakan dari mereka akan menggunakan warna merah untuk digunakan pada kamar tidur.

Ya, merah akan menjadi warna yang sempurna untuk kamar tidur Anda.

Warna merah akan mengatur suasana hati dan gairah saat Anda berada di dalam kamar, membuat sebuah rangsangan yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

Orange

Berani dan menarik. Warna ini dapat Anda gunakan dalam ruangan di mana Anda ingin menciptakan suasana sosial.

Hal ini dikarenakan warna ini  mengeluarkan begitu banyak energi. Warna cat ini dapat Anda gunakan pada ruang latihan atau ruang tamu .

Kuning

Melangkah ke warna kuning, warna ini akan membangkitkan perasaan bahagia dan membuat Anda merasa disambut.

Warna ini lebih banyak digunakan di lorong-lorong dan ruang-ruang kecil di rumah daripada digunakan sebagai warna utama pada sebuah ruangan.

Namun, warna ini memiliki titik kelemahan. Saat Anda menggunakan terlalu banyak warna kuning, penghuni rumah akan kehilangan kesabaran dan membuat perasaan frustrasi dan kemarahan.

Biru

Cat biru yang digunakan pada kamar biasanya akan membuat suasana hati berubah.

Biru membuat  suasana hati lebih tenang dan santai sehingga sangat cocok untuk digunakan pada kamar tidur atau kamar mandi.

Ungu

Warna ungu dianggap dapat memberikan kesan elegan dan anggun pada ruangan.

Warna ungu juga akan memberikan suasana hati yang baik untuk pemilik rumah. Selain itu juga meningkatkan mood dan kreativitas.

Hijau

Warna hijau atau emerald adalah warna yang membuat perasaan Anda lebih tenang dibanding warna biru.

Warna hijau juga akan memberikan efek segar pada ruangan karena warnanya yang membuat Anda seperti sedang berada di hutan.

Warna cat rumah Anda seharusnya menunjukkan kepribadian Anda. Walaupun kebanyakan dari kita mungkin tidak menghabiskan banyak waktu untuk berpikir mengenai warna kamar, itu mempengaruhi setiap hari dalam kehidupan kita.

Warna mempengaruhi orang-orang dengan berbagai cara, tergantung pada usia, jenis kelamin, latar belakang etnis atau iklim setempat. Warna atau kelompok warna tertentu cenderung mendapatkan reaksi yang sama dari kebanyakan orang – perbedaan keseluruhan berada pada rona yang digunakan.

Jadi, ketika bicara mengenai dekorasi, penting untuk memilih warna dengan bijak.

(photo: www.freshome.com)