Loading...

Tips Merawat Ban Mobil

Penulis: Jatmika H Kusmargana Rubrik: Otomotif

Tips Merawat Ban MobilTERUSKAN.COM – Banyak orang kadang kerap menyepelekan kondisi ban kendaraan sebelum akan berkendara. Padahal memperhatikan kondisi ban kendaraan merupakan salah satu hal paling penting yang harus dilakukan.

Selain akan sangat mempengaruhi laju kendaraan, kondisi ban juga sangat berpengaruh pada keselamatan dan keamanan pemilik kendaran itu sendiri.

Pasalnya masalah pada ban seperti munculnya benjolan pada ban atau tekanan angin yang kurang pada ban bisa menyebabkan masalah serius, mulai dari kerusakan di bagian sidewall, kapasitas angkut beban yang menurun, borosnya penggunaan bahan bakar hingga keamanan berkendara.

Loading...

Berikut ini adalah beberapa tips merawat ban mobil Anda agar senantiasa awet dan tahan lama.

1. Periksa Tekanan Angin

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kita harus secara rutin memeriksa tekanan angin ban secara berkala. Setidaknya setiap dua minggu sekali atau saat ingin melakukan perjalanan jarak jauh.

Hal yang harus diingat adalah menetapkan ukuran tekanan angin pada ban sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pabrik pembuatnya.

Selain itu sebaiknya lakukan pemeriksaan tekanan angin ban pada saat ban dalam kondisi dingin. Jika kendaraan baru saja digunakan, maka hendaknya suhu ban dibiarkan turun terlebih dahulu, baru setelah itu diperiksa tekanan anginnya.

2. Balancing dan Spooring

Agar pengendalian dan performa ban tetap maksimal ketika berkendara di jalan, lakukan balancing dan spooring pada ban mobil Anda.

Sebagaimana diketahui, roda adalah suatu komponen pada kendaraan yang menopang seluruh berat kendaraan. Roda terdiri dari ban karet dan pelek.

Balancing adalah menyeimbangkan putaran roda kendaraan. Sedangkan spooring merupakan penyetelan roda depan meliputi: chamber, caster, toe angle (toe-in/toe-out), dan turning radius.

Balancing membantu mencegah keausan dini pada ban mobil Anda dan menghilangkan getaran. Hal ini juga melindungi suspensi, sistem kemudi dan bantalan kendaraan Anda. Anda akan tahu roda tidak seimbang ketika salah satu daerah lebih berat atau lebih ringan daripada yang lain.

Fungsi spooring sendiri adalah untuk menjaga stabilitas kendaraan. Baik itu untuk menghasilkan kemudi yang ringan, gaya putar kembali setelah belok yang maksimal. Serta mencegah kendaraan belok sendiri setelah dilepas.

Dengan perawatan rutin, hal ini juga akan mengurangi keausan pada komponen-komponen ball-joint dan ban/roda.

3. Bersihkan Ban Mobil

Hal yang tidak kalah penting dalam merawat ban adalah membersihkan dan memeriksa fisik ban. Sebaiknya gunakan sabun atau shampo mobil untuk membersihkan ban mobil yang kotor. Selain itu, ganti ban mobil Anda dengan yang baru bila kondisi ban telah aus dengan ban yang sesuai standar.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa ban adalah satu-satunya titik kontak antara kendaraan Anda dan jalan. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kualitas dan kinerja dari ban mobil Anda, untuk memastikan keselamatan dan mobilitas Anda tentunya.