Loading...

Konsumsi Cokelat Selama Kehamilan, Amankah?

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Konsumsi Cokelat Selama Kehamilan, Amankah?TERUSKAN.COM – Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Ini adalah makanan yang sangat populer di dunia dan banyak disukai oleh segala usia, baik anak-anak maupun orang tua.

Sayangnya konsumsi coklat menjadi tanda tanya besar ketika seseorang sedang hamil.

Banyak yang bertanya-tanya, amankah mengonsumsi cokelat pada masa kehamilan? Adakah dampak yang bisa terjadi dari mengonsumsi makanan manis ini?

Loading...

Cokelat sama dengan kopi, di dalamnya terkandung kafein, meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit. Akan tetapi jika makanan ini dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar, maka hal ini dapat menambah jumlah kalori di dalam tubuh Anda.

Namun rupanya selama ini cokelat dianggap mampu menjadi pendorong mood untuk kebanyakan wanita hamil.

Menurut penelitian baru-baru ini, cokelat memiliki khasiat yang dapat membantu dalam menurunkan tingkat stres pada wanita hamil dan juga membantu dalam melahirkan bayi dengan pribadi yang lebih bahagia dan tidak rewel.

Coklat Membuat Bayi Bahagia

Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi cokelat selama masa kehamilan diyakini lebih mampu mengatasi stres serta akan melahirkan seorang bayi yang lebih bahagia.

Suatu bahan kimia tertentu yang terkandung dalam cokelat, phenylethylamine telah ditemukan dan dipercaya menjadi penyebab rasa bahagia yang diturunkan dari ibu ke bayi dalam kandungan.

Coklat Mengurangi Risiko Kekurangan Zat Besi

Setelah menikmati hidangan utama, Anda dapat mengonsumsi 30 gram cokelat hitam atau dark chocolate yang kaya akan zat besi setiap harinya. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko kekurangan zat besi pada ibu hamil.

Sebaiknya Pilih Dark Chocolate

Tidak semua cokelat rupanya memiliki manfaat bagi ibu yang sedang hamil. Cokelat hitam merupakan jenis cokelat yang memiliki lebih sedikit kalori dan telah dipercaya memiliki manfaat dalam banyak cara.

Meskipun mungkin banyak wanita hamil yang kurang menyukai rasa cokelat hitam, Anda dapat mengolahnya atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk kemudian dinikmati.

Namun perlu Anda ingat, bahwa konsumsi cokelat harus Anda batasi.

Periksa Terlebih Dahulu Riwayat Kesehatan Anda

Jika Anda adalah wanita yang sedang berada dalam masa kehamilan dan menderita diabetes gestasional atau memiliki riwayat diabetes gestational, maka disarankan bagi Anda untuk tidak mencoba mengonsumsi terlalu banyak makanan manis seperti cokelat.

Cokelat juga memiliki beberapa kandungan sehat yang baik untuk tubuh. Ketika Anda merasa ingin ngemil, coba lupakan makanan berminyak seperti gorengan.

Anda bisa secara rutin mengonsumsi cokelat, terutama dark chocolate. Karena jenis coklat ini telah teruji dan mendapat persetujuan dari berbagai pakar kesehatan.

Wanita hamil sering mengalami perubahan mood secara tiba-tiba. Ini juga dapat Anda atasi dengan konsumsi cokelat. Cokelat mampu menstimulasi endorfin dalam tubuh Anda, menjadikan Anda lebih bahagia, sejahtera dan merasa lebih santai.

Jadi, ini bisa dibilang kabar yang baik bagi para wanita hamil di luar sana. Anda dapat menikmati coklat selama kehamilan tetapi dalam jumlah yang terbatas. Hal ini akan membantu Anda memuaskan hasrat serta membuat bayi Anda menjadi lebih bahagia dan ceria.