Loading...

7 Tips Menghibur Diri Saat Merasa Kesepian

Penulis: Amanda Rubrik: Remaja

7 Tips Menghibur Diri Saat Merasa KesepianTERUSKAN.COM – Semua orang pasti pernah mengalami masa-masa dimana ia merasa kesepian. Tak terkecuali Anda. Meskipun dikelilingi banyak orang terkasih, terkadang ada waktu tertentu yang membuat Anda tidak bisa bersama mereka dan merasa kesepian.

Rasa kesepian memang biasanya muncul saat tak ada teman untuk berbagi, atau memang ada beberapa kondisi tertentu yang membuat kita merasa kesepian.

Kesepian juga tidak selalu dapat diidentikkan dengan tidak memiliki pasangan atau teman. Nyatanya, banyak juga terjadi, dimana seseorang merasa kesepian walau hidupnya terlihat sempurna.

Loading...

Pada akhirnya, rasa kesepian dapat menjadi salah satu menyebab gangguan psikologis atau yang membuat seseorang melakukan hal-hal yang negatif, baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain.

Sebenarnya dengan melakukan beberapa hal, seseorang dapat mengatasi rasa kesepiannya dan menjauhkan dirinya dari hal yang bersifat negatif.

Nah, berikut beberapa cara untuk mengatasi saat rasa kesepian:

1. Melihat Alam

Mungkin kita sering lupa bahwa kita tidak hanya dapat berhubungan secara langsung dengan manusia lainnya, tapi juga dengan alam.

Alam menyimpan banyak hal untuk dilihat dan dinikmati. Alam juga dapat menimbulkan sensasi tenang dan damai.

Luangkan waktu saat Anda merasa sendiri untuk berjalan di taman, atau mengunjungi tempat wisata tertentu yang kaya akan atraksi alam.

2. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Sebuah studi membuktikan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat menjauhkan seseorang dari rasa kesepian.

Bermain dengan hewan peliharaan merupakan salah satu cara untuk mengusir kesepian, karena dengan hewan juga dapat tercipta interaksi positif dan membawa energi baik.

3. Mendengarkan Musik Ceria

Jika Anda sedang merasa kesepian, hindari mendengarkan musik yang bernada sedih karena dapat membuat Anda semakin merasa kesepian.

Dengarkan musik yang berirama ceria dan berisi lirik yang membangkitkan semangat Anda.

4. Berkreasi

Pernahkan Anda terpikir untuk melakukan aktivitas kreatif yang bermanfaat bagi diri Anda sendiri?

Jika tidak, sebaiknya Anda mulai mencoba untuk mengembangkan hobi Anda atau melakukan kegiatan yang Anda sukai.

Melakukan hobi tidak hanya dapat membuat Anda merasa senang, namun juga dapat belajar dari kegiatan kreatif yang Anda lakukan.

5. Membaca

Ya, membaca memang dapat membuat seseorang seolah berada di ‘dunia’ yang berbeda.

Cobalah meluangkan waktu untuk membaca, baik itu novel, majalah hingga komik, bacaan apapun yang Anda suka untuk mengusir rasa kesepian.

Membaca juga dapat menjadi salah satu aktivitas yang tepat untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang penuh manfaat.

6. Berolahraga

Ya, berolah rasa merupakan cara tepat untuk menghilangkan rasa kesepian. Pilih jenis olah raga yang Anda suka dan tidak melampaui kemampuan fisik Anda.

Mulai dari berlari di taman, yoga di rumah, atau mengikuti kelas olahraga tertentu. Selain membuat tubuh Anda sehat, olahraga juga dapat membuat Anda merasa lebih baik dan terhindar dari stress.

7. Bertemu Orang Baru

Cara yang satu ini tentu sangat ideal untuk mengusir kesepian. Jika Anda memiliki masalah dengan teman-teman anda sehingga Anda tak lagi merasa cocok berada di tengah-tengah mereka, carilah teman baru.

Caranya? Anda dapat menjadi anggota organisasi tertentu, ikut serta dalam klub olahraga, atau berkenalan dengan media sosial.

Bertemu orang-orang baru dapat membantu Anda berbagi kesenangan bersama dan juga menambah wawasan baru.

***

Pada intinya, usir rasa kesepian Anda dengan menyibukkan diri sendiri melalui kegiatan yang bermanfaat.

Bye-bye loneliness!