Loading...

7 Cara Efektif Move On Dari Masa Lalu

Penulis: Amanda Rubrik: Remaja

7 Cara Efektif Move On Dari Masa LaluTERUSKAN.COM – Semua orang tentu memiliki masa lalu. Sayanglah, masa lalu tersebut tidak hanya berisi hal-hal yang menyenangkan, namun juga hal-hal yang menyedihkan dan membuat luka yang cukup dalam.

Melepaskan masa lalu dan membiarkannya pergi memang tidak mudah, terlebih jika ingatan Anda diisi dengan hal-hal  yang menyakitkan di masa tersebut.

Akan tetapi, masa lalu yang selalu diingat dan masih dipegang erat dapat berakibat buruk bagi Anda. Anda akan sulit beranjak ke masa depan yang lebih baik karena masih dihantui oleh masa lalu.

Loading...

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk melepaskan masa lalu, agar Anda selangkah lebih baik dalam membahagian diri Anda sendiri.

1. Jangan Menyerah

Melepaskan masa lalu memang tidaklah mudah. Maka dari itu, usaha apapun yang Anda lakukan untuk melepaskan masa lalu, jangan mudah menyerah.

Proses melepaskan masa lalu memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, terlebih jika hal tersebut baru saja terjadi.

Akan tetapi dengan semangat yang kuat dan tidak menyerah, Anda dapat melepaskan masa lalu tersebut.

2. Maafkan dan Lupakan

Ada pepatah yang mengatakan bahwa Anda boleh memaafkan namun tak boleh melupakan. Sebaiknya Anda tidak hanya memaafkan, namun juga melupakan, mengapa demikian?

Memaafkan tapi tak melupakan dapat berarti bahwa Anda akan terus mengingatnya. Mengambil pelajaran akan apa yang sudah terjadi berbeda dengan terus mengingatnya.

Meski tidak mungkin masa lalu tersebut dilupakan secara keseluruhan, Anda dapat berusaha untuk tidak memikirkannya dengan cara menyibukkan diri dengan berbagai kegaiatan yang positif.

3. Bersyukur

Masa lalu yang penuh dengan penyesalan, mungkin tidak semudah itu untuk dilupakan.

Sebaiknya hindari melakukan hal tersebut dengan cara bersyukur, yaitu menghargai kehidupan Anda yang sekarang, baik maupun buruknya.

4. Mengerti Bahwa Semua Terjadi Karena Alasan Tertentu

Masa lalu memang tak mungkin diubah karena memang telah terjadi. Namun jika Anda pikirkan lagi, mungkin hal-hal yang lebih baik yang terjadi dalam kehidupan Anda saat ini juga karena adanya masa lalu.

Mengertilah juga bahwa semua hal terjadi karena sebuah alasan atau tujuan tertentu. Tak heran jika banyak yang mengatakan, kita mendapatkan sesuatu yang benar karena kita pernah mendapatkan sesuatu yang salah.

5. Berpikir Saat Sekarang dan Masa Depan

Cara lain untuk melepaskan masa lalu adalah dengan lebih banyak berpikir untuk saat sekarang dan juga masa depan.

Masa lalu yang tidak dapat diubah, dapat diperbaiki dengan hal-hal positif yang Anda lakukan hari ini, esok dan di masa mendatang.

6. Cintai Diri Anda Sendiri

Jika masa lalu Anda penuh dengan hal-hal yang menyakitkan, mungkin hal tersebut karena Anda terlalu mencintai hal lainnya lebih dari diri Anda sendiri. Seakan Anda lupa bahwa yang merasakan sakitnya adalah diri Anda sendiri.

Mulailah mencintai diri Anda sendiri, lebih banyak mengisi wawasan Anda dengan pengetahuan, atau dengan memanjakan diri Anda.

7. Berhenti Menyakiti Diri Sendiri

Seseorang yang masih terikat dengan masa lalu sering menyakiti dirinya sendiri, baik selalu menyalahkan dirinya, hingga menyakiti dirinya secara fisik.

Sebaiknya Anda berhenti menyakiti diri Anda, karena semua orang tentu pernah membuat kesalahan dalam hidupnya.

***

Yang terpenting dari masa lalu adalah pelajaran yang dapat kita ambil dan bagaimana kita membuat masa depan yang lebih baik.

Stay strong and let’s move on!