Loading...

Kurang Tidur Akibat Stres? Ini Solusinya

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Kurang Tidur Akibat Stres? Ini SolusinyaTERUSKAN.COM – Stres adalah sesuatu yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan kita. Gangguan tidur pada umumnya disebabkan oleh stres atau depresi. Stres adalah musuh terburuk dari tidur lelap.

Semakin Anda merasa stres, maka intensitas tidur Anda akan semakin rendah. Dan semakin kurang tidur Anda, semakin tinggi tingkat stres yang Anda rasakan.

Jadi intinya adalah bahwa Anda tetap perlu untuk tidur nyenyak di malam hari. Namun bagaimana untuk terlelap ketika Anda sedang stres?

Loading...

Jika stres mempengaruhi tidur Anda, maka ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. Anda perlu belajar bagaimana untuk tidur bahkan ketika tingkat stres Anda tinggi.

Pekerjaan atau tekanan yang didapatkan di kantor adalah salah satu faktor utama penyebab stres, yang kemudian akan memicu hal-hal buruk.

Namun, Anda tentunya harus mendapatkan tidur yang berkualitas. Jadi jangan sampai membiarkan stres mempengaruhi tidur Anda.

Kuncinya terletak pada sikap Anda dalam menerima kenyataan bahwa stres adalah bagian dari hidup.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang perlu Anda ikuti untuk mendapatkan tidur yang nyenyak bahkan ketika Anda sedang stres:

Mandi dengan air dingin

Setelah melalui hari yang berat, mandi dengan air dingin atau hangat memiliki efek emosional yang mendalam.

Secara harfiah dan metaforis, cara ini akan menyapu semua rasa stres dalam tubuh dan pikiran Anda sehingga membuat Anda merasa lebih tenang. Yang kemudian dapat mengantarkan Anda pada tidur nyenyak.

Makan 2 jam sebelum tidur

Cobalah membiasakan diri untuk mengonsumsi makan malam Anda paling tidak 2 jam sebelum Anda tidur. Ketika Anda merasa stres, Anda cenderung makan terburu-buru tanpa mengunyah makanan dengan benar.

Dan stres juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang bisa membuat Anda terus terjaga semalaman.

Hibur diri dengan televisi

Banyak yang beranggapan bahwa televisi merupakan salah satu penyebab stres. Ini memang benar apabila Anda menggunakannya secara berlebihan.

Televisi bukanlah sesuatu yang dapat menimbulkan stres, alat elektronik ini bahkan dapat membuat Anda menjadi lebih santai dan tidak memikirkan segala beban pikiran.

Dengan perasaan santai, Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Bercerita dengan seseorang

Ketika Anda stres, cobalah mengungkapkan segalanya kepada pasangan atau teman karib Anda. Cara ini sangat membantu untuk melegakan perasaan dan pikiran Anda.

Jika Anda dapat memberitahu seseorang bahwa Anda sedang stres, Anda akan merasa kurang terbebani.

Selain itu, pasangan atau teman Anda bisa memberikan solusi yang baik untuk mengatasi rasa stres yang Anda alami. Dengan sedikit perasaan lega, maka Anda dapat tidur lelap sepanjang malam.

Hiruplah udara segar

Terjebak di ruangan ber-AC pada kantor Anda merupakan hal yang dapat memicu stres. Jadi usahakan untuk sesekali menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan dan menghirup udara segar.

Suplai oksigen segar ke otak Anda tentu saja dapat menenangkan Anda dan membuat tidur Anda lebih berkualitas.

Makan apapun yang Anda sukai

Sebagian besar orang selalu mencoba untuk menghindari kalori yang berlebih setiap harinya. Selain itu, menurunkan berat badan juga merupakan hal yang dapat menyebabkan stres.

Jadi, sesekali makanlah apapun yang Anda sukai dan Anda akan menyadari bahwa menikmati makanan favorit akan membuat perut Anda senang, sehingga akan berdampak baik pada kualitas tidur Anda.

Jangan bekerja di kamar tidur

Jangan mencoba untuk membawa pekerjaan Anda ke kamar tidur.

Melakukan pekerjaan di kamar tidur memiliki efek psikologis yang akan membuat Anda merasa tertekan. Kamar tidur Anda adalah tempat untuk melindungi Anda dari berbagai pikiran dan tekanan pekerjaan yang ada disekitar.