Loading...

Ini Dia Manfaat Baik Ginseng Bagi Kesehatan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Ini Dia Manfaat Baik Ginseng Bagi KesehatanTERSKAN.COM – Sekarang ini, orang-orang lebih memilih untuk mengonsumsi obat-obat daripada ramuan tradisional.

Merasa demam sedikit, orang langsung mencari obat penurun demam tanpa mencoba untuk menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat. Padahal obat-obatan tersebut bisa saja memiliki pengaruh yang buruk pada kesehatan. Berbeda halnya dengan ramuan trasisional seperti misalnya ginseng.

Ginseng merupakan satu dari sekian banyak ramuan tradisional dengan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Akarnya dipercaya sangat efektif untuk mengurangi bahkan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Loading...

Tanaman ini telah ditemukan sejak berabad-abad yang lalu dan saat ini banyak dimanfaatkan sebagai teh herbal, terutama di Cina. Sedangkan di Indonesia, ginseng sering dijadikan sebagai obat tradisional.

Ada begitu banyak kandungan yang terdapat dalam ginseng seperti asam lemak, saponin, vitamin, serta mineral. Dan berikut adalah beberapa manfaat baik yang dapat Anda peroleh dari tanaman ginseng:

Mengurangi stres atau depresi mental

Ginseng baik dikonsumsi saat Anda merasa stres atau depresi. Tanaman ini mampu memperbaiki suasana hati Anda dan mengurangi rasa lelah.

Selain itu, ginseng memilki khasiat untuk mengatasi depresi serta mengurangi rasa cemas dalam diri seseorang.

Ketika Anda merasa stres, hormon adrenal akan mengalir keluar sehingga tidak menutup kemungkinan hal ini akan menyebabkan timbulnya masalah kesehatan.

Maka dari itu, tingkat adrenalin harus diseimbangkan dengan mengonsumsi ginseng, ini merupakan solusi terbaik yang dapat Anda lakukan.

Merangsang sistem kekebalan

Beberapa ahli obat tradisional telah menyimpulkan bahwa ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Kekebalan tubuh juga akan meningkatkan dengan konsumsi ginseng secara teratur.

Sifat adaptogenik yang terkandung di dalam ginseng dapat membantu Anda agar tetap awet muda. Di samping itu, flu atau infeksi lainnya juga dapat diatasi dengan tanaman ginseng.

Mengatasi diabetes

Ginseng dapat membantu Anda menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh Anda. Ini dapat Anda terapkan secara alami tanpa konsumsi obat anti-diabetes.

Namun jika Anda telah mengonsumsi obat anti-diabetes, sebaiknya jangan meminumnya bersamaan dengan ramuan tradisional ginseng.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula yang berlebih, sehingga sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mencegah perkembangan kanker

Perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh dapat dicegah dengan ginseng.

Ramuan ajaib ini memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan siklus sel, yang kemudian dapat memperlambat perkembangan sel kanker.

Menurunkan kolesterol

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, ginseng rupanya juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol jahat. Ginsenocida yang terkandung dalam ginseng dapat membantu penurunan jumlah kolesterol dalam tubuh Anda.

Mengurangi rasa lelah

Adaptogenik yang terdapat pada ginseng diyakini mampu memberikan pengaruh pada tubuh Anda untuk beradaptasi dengan rasa lelah yang terkadang disebabkan karena terlalu banyak pekerjaan.

Meningkatkan daya tahan atlet

Ginseng yang memiliki kualitas untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memerangi kelelahan, telah menjadi ramuan yang populer di kalangan atlet.

Seorang olahragawan harus mampu meningkatkan kebugaran serta stamina tubuhnya, dan ginseng dapat menjadi pilihan terbaik untuk menjaga stamina agar tetap kuat.

Ginseng sangat baik dikonsumsi untuk segala jenis usia. Namun penggunaannya sangat dianjurkan terutama pada wanita hamil dan menyusui. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kontraindikasi.

Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa hindari penggunaan ginseng bersamaan dengan obat-obatan lain, karena dapat memicu terjadinya reaksi lain dari obat.