Loading...

Ketahui 5 Tips Merawat dan Membersihkan Jam Tangan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fashion

Ketahui 5 Tips Merawat dan Membersihkan Jam TanganTERUSKAN.COM – Jam tangan merupakan salah satu aksesoris pujaan kaum wanita maupun pria untuk melengkapi penampilan mereka.

Namun, terkadang orang hanya tahu bagaimana menggunakannya tanpa paham cara merawat dan menyimpannya dengan benar. Karena sesungguhnya, ada tips tertentu yang harus dilakukan ketika akan membersihkan jam tangan.

Bagi wanita, jam tangan adalah simbol keanggunan, Anda akan terlihat lebih berwibawa dengan mengenakannya. Begitu juga dengan pria, jam tangan bukan hanya sekedar aksesoris untuk menyempurnakan penampilan, tetapi ini juga merupakan tanda kemapanan seseorang.

Loading...

Itulah mengapa tidak sedikit pria yang rela menghabiskan begitu banyak uang untuk mendapatkan jam tangan dengan harga yang mahal.

Harga dari suatu barang tentunya juga menjamin kualitas yang baik. Namun hal itu tidak berarti bahwa jam tangan mahal tidak memerlukan perawatan ekstra. Terutama bila jam tangan Anda mengandung berbagai unsur berharga di dalamnya.

Nah, berikut adalah beberapa tips mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan jam tangan:

Tips Pertama. Tali jam bisa dilepas

Apabila jam tangan Anda adalah jenis jam yang talinya dapat dilepas atau dipisahkan dari motornya, maka sesekali lakukanlah. Ini ditujukan untuk membersihkan tali jam tangan dari kotoran yang menempel, bekas keringat, serta cairan lainnya.

Selain itu, hal ini juga untuk mencegah proses pembersihan tali meresap ke dalam motornya.

Tips Kedua. Tali jam terbuat dari logam atau tidak bisa dilepas

Apabila tali jam tangan Anda terbuat dari logam, lepaskan lalu bersihkan dengan merendamnya ke dalam air sabun. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, lalu lap dengan menggunakan kain lembut untuk mengeringkannya.

Apabila tali rupanya tidak bisa dilepas dari motornya, Anda dapat menyemprotkan air sabun ke tali jam tangan. Namun Anda harus sangat hati-hati saat melakukannya, jangan sampai cairan sabun tersebut masuk ke dalam motor jam tangan Anda.

Tips Ketiga. Membersihkan lipatan tali jam tangan

Jika Anda akan membersihkan lipatan pada tali jam tangan, Anda dapat menggunakan bantuan tusuk gigi, cotton bud ataukah sikat gigi.

Debu atau sisa keringat biasanya banyak menempel pada lipatan tali, maka dari itu Anda harus membersihkannya dengan teliti untuk hasil yang maksimal. Setelah itu keringkan dengan menggunakan kain lembut.

Tips Keempat. Jam tangan terbuat dari kulit

Bagi Anda yang memiliki jam tangan yang terbuat dari kulit, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih kulit, lalu di keringkan sepenuhnya.

Setelah itu Anda bisa memasang kembali dan menyatukan tali jam tangan dengan motornya.

Tips Kelima. Membersihkan kaca jam tangan

Selain tali jam tangan, kaca yang terdapat pada bagian motonya juga tentu membutuhkan perhatian serta perawatan khusus.

Untuk membersihkannya dari kotoran akibat polusi atau sidik jari, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang sangat sederhana. Yang Anda butuhkan hanyalah kain halus bebas serat untuk kemudian disapukan pada kaca jam tangan Anda.

Itulah beberapa tips perawatan jam tangan yang harus Anda ketahui. Jangan sampai Anda hanya tahu cara mengenakannya namun tidak peduli dengan cara membersihkan dan menjaganya dengan benar.

Semakin tepat perawatan yang Anda lakukan, maka jam tangan Anda akan semakin awet dan tahan lama. Buatlah penampilan Anda bersinar dengan aksesoris bersih dan berkilau.