Loading...

Yuk, Buat Sendiri Shampoo dan Kondisioner Anda!

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Terlepas dari panjang, tekstur, atau gaya rambut, kita semua menginginkan hal yang sama – rambut sehat. Bagi banyak wanita, ini berarti rambut tebal, lembab, dan bebas dari masalah-masalah seperti bercabang, ketombe, dan rambut rontok.

Ada sejumlah produk di pasar yang bertujuan untuk mengobati masalah ini, namun produk ini bisa mahal dan kadang-kadang tidak menunjukkan hasil.

Yuk, Buat Sendiri Shampoo dan Kondisioner Anda!

Loading...

Tapi jangan khawatir, ada beberapa ramuan di rumah yang dapat memberikan hasil yang Anda inginkan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

1. Rambut Kering

Shampoo:
Ternyata lemon dan mentimun memiliki efek pelembab untuk rambut dan kulit kepala.

Ambil satu lemon dan satu mentimun yang telah dikupas. Gunakan food processor untuk mencampurkan keduanya dan ubah menjadi cairan seperti pasta. Gosokkan ke rambut dan kemudian bilas.

Kondisioner:
Madu adalah bahan yang dapat membantu mengisi kelembaban pada rambut.

Campurkan madu (1/2 cangkir) dan minyak zaitun (2 sendok makan), aplikasikan pada rambut dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas.

2. Rambut Keriting

Shampoo:
Salah satu dari banyak manfaat madu adalah mengontrol rambut keriting.

Campur 2 sendok makan madu mentah, 6 sendok makan air hangat, dan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Gosokkan campuran ini secara menyeluruh dan bilas setelahnya. Rambut Anda akan lebih halus dan mudah diatur.

Kondisioner:
Alpukat mengandung minyak alami dan protein yang baik untuk rambut yang sulit diatur.

Campurkan 1/2 buah alpukat dengan 1 hingga 2 sendok makan kuning telur atau mayones. Pijat campuran pada rambut dan biarkan selama 15 menit.

3. Kulit Kepala Kering

Shampoo:
Sifat pelembab madu baik untuk mengobati kulit kepala kering dan terkelupas.

Untuk membuat shampoo, campurkan 1 sendok makan madu mentah, 3 sendok makan air, dan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma yang Anda inginkan. R

Kondisioner:
Kondisioner yang bagus untuk kulit kepala gatal adalah campuran minyak zaitun dan jus lemon.

Ambil dua sendok makan minyak zaitun, dua sendok makan jus lemon, dan dua sendok makan air. Terapkan ke kulit kepala dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas. Minyak zaitun akan melembabkan dan jus lemon yang bersifat asam akan mengangkat ketombe.

4. Rambut Berminyak

Shampoo:
Tanah liat hijau baik untuk rambut berminyak karena menyerap minyak dan kotoran.

Campurkan 1 sendok makan tanah liat hijau dan 1 sendok makan sabun cair kastilia dengan teh hijau sebanyak 1 sendok teh dan 10 tetes tea tree oil.

Tanah liat hijau, teh hijau dan tea tree oil akan mengurangi minyak hingga berada dalam jumlah kelembaban yang tepat, dan akhirnya menghasilkan rambut seimbang.

Kondisioner:
Minyak kelapa sangat baik untuk menyingkirkan kelebihan minyak, dan meninggalkan rambut terasa lembut, ringan, dan lembab.

Campuran 1 cangkir air, 1 cangkir kuning telur, dan 1 sendok teh minyak kelapa. Campuran harus diterapkan secara merata dan biarkan selama 2 hingga 5 menit, kemudian bilas secara menyeluruh.

Shampoo dan kondisioner alami di atas dapat digunakan untuk mengobati beberapa masalah rambut yang sangat umum. Campuran ini dapat dibuat hanya dalam beberapa menit.

Tak ada salahnya menginvestasikan sedikit waktu Anda untuk mendapatkan rambut lebih sehat dan lebih indah, bukan?

Selamat mencoba!