Loading...

7 Tips Sederhana Agar Selalu Berpikir Positif

Penulis: Amanda Rubrik: Remaja

7 Cara Sederhana Agar Selalu Berpikir PositifTERUSKAN.COM – Semua orang tentu menginginkan hidup yang bahagia.

Sayangnya tidak ada yang sempurna dalam hidup ini, dan hal tersebut membuat kehidupan kita diisi baik dengan hal-hal yang positif maupun negatif.

Kita memang tak bisa terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan, karena dari masalah yang ada itulah, sebenarnya kita dapat belajar banyak hal dan mencoba untuk tetap berpikir positif.

Loading...

Berpikir positif memang tidaklah mudah, apalagi jika masalah yang menimpa kita cukup besar.

Namun begitu, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan setiap hari, agar berpikir positif menjadi kebiasaan Anda, diantaranya sebagai berikut:

1. Bersyukur

Hal termudah untuk selalu berpikir positif adalah dengan bersyukur. Tak peduli betapa buruknya hari kita, tentu ada sesuatu yang tetap patut kita syukuri.

Seperti misalnya Anda iri terhadap rekan kerja yang keadaan ekonominya jauh lebih baik dari Anda, dan mungkin Anda ‘kalah’ dalam segi materi.

Namun coba lihat di sekitarAnda, anda masih memiliki keluarga, orang-orang yang mencintai Anda dan lain sebagainya.

2. Membaca Buku Penuh Inspirasi

Jika Anda hobi membaca buku, maka mulailah dengan membaca buku yang bertema inspiratif. Buku ini biasanya berisi baik tentang kisah inspiratif seseorang yang dapat kita contoh, maupun kata-kaya motivasi untuk hidup anda.

Dengan membaca buku yang penuh dengan inspirasi, Anda dapat melihat suatu masalah dari sisi lain yang mungkin membuat Anda merasa lebih baik.

3. Tulislah Satu Hal Positif Setiap Hari

Cara ini patut dicoba untuk membuat Anda termotivasi. Tulislah paling tidak satu hal positif yang terjadi pada Anda setiap hari dan letakkan tulisan tersebut di tempat yang Anda mudah lihat.

Kata-kata positif tersebut dapat membantu Anda tetap tegar saat ada masalah.

4. Memulai dari Hal Kecil

Anda juga dapat menjadikan berpikir positif sebagai kebiasaan Anda dengan memulainya dari hal-hal kecil.

Mulailah dengan lebih banyak tersenyum, karena senyuman secara langsung dapat membuat Anda bahagia, juga orang lain yang melihatnya.

Anda juga dapat memulainya dengan cara mengatakan pada diri Anda bahwa Anda baik-baik saja, Anda bisa melakukannya, ini bukan sesuatu yang buruk, dan lain sebagainya, agar Anda tidak mudah tertekan jika ada masalah yang menimpa.

5. Hindari Orang-Orang yang Berpikir Negatif

Beberapa tanda dari orang yang suka berpikir negatif adalah sering mengeluh, mengejek orang lain, mudah menyerah jika ada masalah sekecil apapun, dan lain sebagainnya.

Orang-orang seperti ini juga dapat mempengaruhi hidup Anda. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah untuk berada di tengah orang-orang yang penuh motivasi dan berpikir positif.

6. Menulis Diary

Menulis diary sebelum tidur merupakan salah satu cara untuk berpikir positif. Bagaimana bisa?

Ya, dengan menulis tentang hari Anda yang telah Anda lalui, Anda dapat mengingat apa yang telah Anda lakukan dan terkadang Anda kemudian menyadari bahwa Anda terlalu mudah berprasangka buruk maupun berpikir negatif.

7. Berolahraga

Cara yang terakhir ini juga patut dicoba untuk membantu anda selalu berpikir positif. Dengan berolahraga, peredaran darah Anda menjadi semakin lancar dan membuat kerja otak maupun jantung semakin baik pula.

Orang-orang yang rajin berolahraga juga diketahui lebih terhindar dari stress maupun rasa cemas yang berkepanjangan.

***

Mungkin anda berpikir bahwa Anda memiliki banyak sekali masalah. Namun dengan belajar berpikir positif, Anda mampu menghadapinya dengan pikiran yang sehat.

Semoga bermanfaat.