Loading...

Tips Mengatasi Kulit Berjerawat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

Tips Mengatasi Kulit BerjerawatTERUSKAN.COM – Kecantikan kulit menjadi salah satu faktor penunjang bagi seorang wanita.

Banyak wanita yang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan perawatan kulit guna mencegah munculnya masalah kulit seperti jerawat.

Jerawat merupakan salah satu masalah yang paling banyak dialami wanita, dapat disebabkan karena makanan, malas membersihkan wajah atau karena debu yang menempel.

Loading...

Selain itu, jerawat juga meninggalkan bekas pada wajah, menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Nah, berikut kami berikan tips untuk merawat kulit wajah yang berjerawat. Simak yuk!

1. Rajin Membersihkan Wajah

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, penting untuk rutin membersihkannya. Bahkan, jika perlu lakukan pembersihan wajah sebanyak dua kali dalam sehari.

Anda harus membersihkan wajah sekali pada pagi hari sebelum merias wajah, dan di malam hari sebelum tidur.

2. Melembabkan Wajah

Jagalah kelembaban kulit Anda sepanjang hari.  Gunakan pelembab setelah membersihkan wajah, karena saat membersihkan wajah kulit kehilangan banyak minyak.

3. Spot Treatment

Gunakan asam salisilat atau benzoil peroksida untuk menghilangkan noda-noda pada kulit berjerawat dan untuk penyembuhan dengan cepat.

Perawatan ini bekerja efektif karena akan mengeringkan jerawat dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Anda juga dapat menggunakan cuka apel. Tetapi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, disarankan untuk melakukan konsultasi atau tes pada daerah kulit lain terlebih dahulu sebelum penggunaan.

4. Jangan Dipencet

Hindari memegang jerawat pada wajah Anda.

Jerawat yang memiliki banyak bakteri akan menyebarkan bakteri saat Anda memencetnya, sehingga akan menyebar ke bagian kulit lainnya.

Namun, para ilmuwan dari Washington University School of Medicine menemukan bahwa ada strain yang baik dan buruk dari bakteri yang menentukan keparahan dan frekuensi mengembangkan jerawat.

Peneliti menjelaskan dalam Journal of Investigative Dermatology (edisi Maret 2013) bahwa tidak semua bakteri jerawat memicu jerawat – pada kenyataannya, satu strain yang diidentifikasi sebenarnya dapat membantu menjaga kulit bebas jerawat.

5. Pilih Produk Yang Tepat

Ada begitu banyak jenis produk pencuci wajah dengan penggunaan yang berbeda-beda, mulai dari krim hingga pelembab yang banyak dijual di pasaran.

Ketika Anda ingin menggunakan salah satu produk penghilang jerawat, pilih produk yang spesifik dalam menyembuhkan wajah berjerawat.

6. Makanan

Meskipun banyak yang mengatakan makanan berminyak menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat, tetapi akan lebih baik jika Anda melakukan diet yang seimbang untuk tetap memenuhi kandungan nutrisi dan vitamin.

Anda dapat mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang akan membuat kulit terlihat lebih cantik dan terhindar dari masalah jerawat

7. Perbanyak Minum Air Putih

Air tidak hanya membuat tubuh Anda terhindar dari dehidrasi, tetapi juga membuat kulit rentan terhadap masalah jerawat.

Air mineral membantu mengeluarkan racun dalam tubuh Anda termasuk beberapa bakteri yang menyebabkan jerawat.

Kulit berjerawat bisa menjadi parah jika Anda tidak melakukan perawatan yang tepat. Karena itu, membersihkan wajah setiap hari akan membantu mengurangi risiko munculnya jerawat. Selain itu, ikuti pola hidup sehat untuk mendapatkan kulit bebas jerawat.

Semoga bermanfaat.