Loading...

5 Manfaat Menakjubkan Tidur Siang

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

5 Manfaat Menakjubkan Tidur SiangTERUSKAN.COM – Akuilah, setelah menyantap makan siang, godaan tidur menjadi lebih besar. Kelopak mata tiba-tiba terasa berat dan pekerjaan yang seharusnya dilakukan tidak akan Anda sentuh lagi.

Karena aktivitas tidur di kantor tidak mungkin dilakukan, maka sedikit berbaring akan membantu Anda.

Selain itu, berbaring atau sekedar tidur sebentar di siang hari ternyata memberikan manfaat bagi Anda.

Loading...

Penasaran? Yuk, simak artikel berikut!

1. Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah studi pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur selama kurang lebih 45 menit pada siang hari dapat membantu meningkatkan daya ingat. 

Peningkatan ini terjadi dalam fase tidur, dikarenakan  gelombang lambat atau gelombang tidur pendek yang biasanya terjadi pada saat tidur siang. 

Peningkatan aktivitas otak selama tidur juga diyakini bermanfaat sehingga membuat Anda dapat belajar bahasa, kata-kata atau istilah asing.

2. Meningkatkan Produktivitas 

Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari. Hal ini nantinya akan membantu  meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di tempat kerja. 

Bahkan, penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah. 

3. Mengobati Insomnia 

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari. 

Efeknya memang bervariasi antara individu, tetapi sebuah studi pada tahun 2011 menyatakan penderita insomnia yang tidur di siang hari membuatnya jauh lebih mudah untuk tidur di malam hari sehingga memiliki total waktu istirahat lebih banyak. 

4. Mengurangi Stres 

Ingin menghilangkan setengah dari hormon stres kortisol? Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres menurun drastis setelah tidur siang.

Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam setiap malam sebelum melakukan penerbangan, tingkat kortisolnya meningkat secara signifikan dan berlangsung selama 2 hari. 

Namun, ketika  tidur sebentar pada siang hari, tingkat kortisol menurun hingga setengahnya. 

Ketika tubuh kita sedang stres, kadar serotonin yang lebih tinggi yang digunakan dan produksi lebih banyak diblokir. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Tidur siang menggenangi otak Anda dalam serotonin, membalikkan efeknya dan menciptakan pandangan yang lebih positif.

5. Mencegah Penyakit Jantung 

Aktivitas tidur siang singkat selama 20-40 menit dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Kesimpulan ini diambil berdasar pada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Yunani. 

Para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur siang setidaknya 30 menit selama 3 kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. 

Menurut penelitian ini, tidur siang yang sehat harus dilakukan antara jam 1-3, tidak lebih dari 45 menit. Jika berlebihan, maka kepala akan terasa berat.

Demikian beberapa manfaat menakjubkan dari tidur siang bagi kesehatan. Banyak dari Anda yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk tidur siang. Namun sedikit berbaring  akan sangat membantu dan memberikan manfaat yang tidak akan pernah Anda bayangkan.

Semoga bermanfaat.