Loading...

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Manfaat Buah Tin Bagi KesehatanTERUSKAN.COM – Sudah pernah mencicipi buah tin? Buah tin jarang didapat, tetapi jika Anda ingin mengonsumsinya, daerah Karawang merupakan salah satu tempat pembibitan buah tin, tepatnya berlokasi di desa Telukjambe.

Tempat pembibitan ini mengkhususkan diri pada pembudidayaan bermacam-macam jenis pohon tin yang memang terdiri dari beberapa macam varietas.

Tanaman tin merupakan tanaman buah yang mempunyai tingkat produktivitas tinggi karena bisa terus-menerus berbuah tanpa mengenal musim. Selain memiliki cita rasa segar, buah tin juga bermanfaat bagi kesehatan, di samping bernilai ekonomi tinggi tentunya.

Loading...

Pohon buah tin memiliki keunikan tersendiri. Pohonnya berbuah tetapi tidak berbunga. Pada perkembangan selanjutnya, buah tin sering diolah menjadi minuman atau jus segar yang kaya akan kandungan zat yang baik untuk daya tahan kekebalan tubuh, sama halnya seperti manfaat minuman teh.

1. Mencegah Penyakit Kolesetrol Tinggi

Buah tin mengandung zat pektin yang dapat mencegah terjadinya penyakit karena kolesterol tinggi. Saat serat ini melewati saluran pencernaan, maka zat pektin berfungsi maksimal dalam mencegah zat-zat penyebab kolestrol sekaligus membawanya keluar dari darah.

2. Kaya Serat

Serat yang banyak terkandung di dalam buah tin dapat memperlambat proses penyerapan glukosa, terutama didalam usus kecil, di mana gabungan antara fruktosa bisa mengontrol kandungan gula dalam darah.

3. Sebagai Pengganti Susu

Buah tin dapat dijadikan sebagai pengganti susu. Bagaimana tidak? Buah tin dapat memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh.

4. Menyembuhkan Jerawat 

Buah tin dapat menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.

Caranya sederhana saja, Anda dapat mengonsumsi buah tin dalam keadaan segar, atau dibuat jus yang diminum secara rutin setiap pagi hari.

Pengobatan luar adalah dengan membuat pasta segar dari buah tin, kemudian oleskan secara merata pada wajah yang berjerawat atau bekas – bekasnya.

5. Menurunkan Kadar Trigliserida

Daun buah tin yang berwarna gelap dan cukup tua dapat membantu menurunkan kadar trigliserida.

6. Sebagai Pengganti Gula

Buah tin yang cukup matang memiliki rasa yang manis dan segar.

Di luar negeri dewasa ini, buah tin merupakan salah satu buah favorit yang biasanya dipakai sebagai pengganti gula saat mengolah roti atau kue tart.

7. Tinggi Kandungan Zat Aktif

Buah tin mengandung zat-zat aktif yang sangat tinggi, bisa digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati dan membersihkan luka. Cukup dengan melumuri daerah luka dengan menggunakan buah tin yang telah dihaluskan.

Selain buah, daun dari buah tin juga bisa diolah menjadi obat tradisional untuk beberapa jenis penyakit.

Ya, hanya dengan teknik pengolahan yang sangat sederhana: rebus beberapa lembar daun buah tin yang cukup tua dengan dua gelas air putih. Sebelumnya tiriskan terlebih dahulu getah–getah yang melekat pada daun buah tin, cuci hingga bersih dan jemur di bawah sinar matahari siang. Kurang lebih 3 jam, ambil dan diremas atau dihancurkan lalu rebus dengan air sampai tersisa satu gelas. Setelah matang, angkat, dinginkan, bisa diminum dengan dicampur madu murni.

Nah, selamat mencoba!