Loading...

7 Tanda Anak Anda Siap Memiliki Hewan Peliharaan

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga

7 Tanda Anak Anda Siap Memiliki Hewan PeliharaanTERUSKAN.COM – Sebagai orangtua, mungkin banyak dari Anda yang enggan membiarkan anak Anda mengambil hewan peliharaan.

Padahal ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari memelihara hewan, seperti melatih keterampilan sosial dan kepercayaan diri anak.

Memang tampaknya tidak mudah, tentunya memerlukan modal dan kerja keras. Tapi toh sebanding dengan apa yang didapatkan.

Loading...

Kita juga harus memastikan bahwa seluruh anggota keluarga siap merawatnya, tidak hanya untuk hiburan semata.

Nah, jika anak Anda telah menunjukkan ketertarikannya untuk memelihara hewan. Bagaimana cara mengetahui jika anak Anda memang dapat dipercaya untuk memiliki hewan peliharaan? Berikut ulasannya.

1. Nyaman Berada Dekat Hewan

Ya, Anda harus memastikan dulu jika anak Anda memang merasa nyaman berada di dekat hewan.

Anda dapat mengetahuinya dengan cara membawanya ke kebun binatang misalnya dan ajak dia berfoto bersama salah satu hewan di sana, atau masuk ke kawasan dimana anak dapat melihat hewan secara langsung dan menyentuhnya.

Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menilai apakah anak tampak canggung, ketakutan atau nyaman berdekatan dengan hewan.

2. Menyayangi Hewan

Bagi anak-anak, ternyata hewan peliharaan tidaklah selalu benda hidup yang harus disayangi dan dirawat.

Banyak juga anak-anak yang memperlakukan hewan peliharaan seperti mainan dan tidak sadar jika mereka sedang kasar terhadap hewan tersebut.

Perhatikan jika anak memperlakukan hewan dengan baik, seperti memegangnya dengan lembut dan tidak menyakiti hewan tersebut.

3. Bertanggung-Jawab

Tanggung-jawab yang besar sangat diperlukan saat berurusan dengan hewan peliharaan. Anda dapat melihatnya dari tindakan mereka, apakah mereka bertanggung jawab dalam merawat hewan peliharaan.

Rasa tanggung-jawab ini ditunjukkan dengan rajin memberi makan, membersihkan kandang dan melakukan perawatan hewan lainnya.

Jika Anda belum memiliki hewan peliharaan, sifat tanggung jawab ini tercermin juga dari sifat anak dalam kehidupan sehari-harinya.

4. Menjaga Kebersihan Diri

Hewan peliharaan juga tak jarang dapat menimbulkan penyakit ringan maupun berat jika kita tidak menjaga kebersihan hewan tersebut dan kebersihan diri kita sendiri.

Perhatikan apakah anak Anda rajin menjaga kebersihan dirinya sendiri seperti menggosok gigi, mencuci tangan dan mandi.

Hal ini untuk menjaga anak tetap memperhatikan kebersihannya saat memelihara hewan.

5. Berjanji Menjaga Terus Menerus

Saat anak ingin memelihara hewan, tak jarang hal tersebut hanyalah keinginan sesaat seperti memiliki mainan.

Beri pengertian kepadanya bahwa menjaga hewan tidaklah mudah dan harus terus dilakukan. Hal ini untuk menghindari Anda yang akhirnya harus memelihara hewan tersebut saat anak sudah bosan dan tidak ingin memelihara hewan lagi.

6. Jenis Hewan yang Disukai Semua Anggota Keluarga

Hal ini penting untuk diketahui, agar anggota keluarga yang lainnya juga dapat membantu merawat hewan tersebut jika dibutuhkan.

Pastikan anak Anda memilih jenis hewan yang juga disukai anggota keluarga lainnya.

7. Anak yang Aktif

Hal lainnya yang juga dapat membantu  anda mengetahui apaah anak siap memelihara hewan adalah jika anak Anda termasuk anak yang aktif.

Hal in juga menandakan bahwa ia adalah tipe anak yang tidak malas, karena hewan juga sebaiknya sering diajak beraktivitas.

***

Dengan mengetahui 7 tanda tersebut di atas, Anda dapat memastikan jika anak Anda sudah siap memelihara hewan dan juga merawatnya dengan baik.

Semoga bermanfaat.